Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Saat Pandemi COVID-19: Tinjauan dalam Konteks Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pembelajaran bahasa dan Sastra Indonesia melalui studi pustaka. Metodologi penelitian dengan melakukan literature review dari beberapa artikel baik internasional maupun nasional yang dicari dengan mempergunakan google scholar dan sciencedirect. Terdapat 25 artikel dengan kata kunci pembelajaran online, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan pandemic Covid-19. Dari 25 artikel, hanya 18 yang diteliti. Hasil review pada 9 artikel internasional dan 9 nasional menyebutkan kendala yang ditemukan dengan cara online adalah kesulitan jaringan, keterbatasan kuota internet, materi yang tidak tersampaikan dengan jelas dan lengkap, dan pemberian tugas yang terlalu banyak. Adapun aplikasi yang digunakan oleh guru selama pandemi yaitu WhatsApps, WhatsApp Web, Google Kelas, Grup Google, TeamLink, Microsoft Teams, Kaizala Microsoft, Zoom Meeting & Webinar, Youtube, Google Hangouts, dan lainnya. Selain itu, guru bisa melakukan strategi pemecahan masalah guru meliputi melaksanakan blended learning, membuat kelompok belajar, kunjungan rutin kepada siswa, menggandeng orang tua, adaptasi rencana pengajaran, optimalisasi media elektronik, dan pemanfaatan media kreatif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Angeli, F., & Montefusco, A. (2020). Sensemaking and learning during the Covid-19 pandemic: A complex adaptive systems perspective on policy decision-making. World Development, 136, 105106. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2020.105106
Anugrahana, A. (2020). Pembelajaran elektronik daring atau dalam ja. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.
Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Fahrudin, S. H., Winarni, R., & Winarno. (2021). Analysis of Learning Speaking Skills Using the WhatsApp Application in Elementary Schools. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1808(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1808/1/012033
Gunawan1*, Ni Made Yeni Suranti2, F., & 1Physics. (2020). 唐跃桓 1 杨其静 1 李秋芸 2 朱博鸿 3. 1(2), 75–94.
Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209
Henry Aditia Rigianti. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANJARNEGARA. Elementary School, 7(2), 297–302. https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/768/628
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri No. 01/KB/2021, No. 516 Tahun 2020, No. HK.03.01/Menkes/363/2020, dan No. 440-882 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di masa Covid-19
Kurniasari, A. dkk. (2020). Pendidikan guru sekolah dasar fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah surakarta 2013. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika Dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7933
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).
Munastiwi, E. (2021). Adaptation of Teaching-Learning Models Due to Covid-19 Pandemic: Challenge Towards Teachers Problem-Solving Skills. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 33. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.32695
Naziaha, S. T., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 109–120.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Resmini, N. dkk. (2009). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI PRESS.
Rezky, M., Ramly, & Saleh, M. (2020). Problematik a Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 40–47. https://ojs.unm.ac.id/Indonesia/article/view/12394/pdf_1
Saha, A., Dutta, A., & Sifat, R. I. (2021). The mental impact of digital divide due to COVID-19 pandemic induced emergency online learning at undergraduate level: Evidence from undergraduate students from Dhaka City. Journal of Affective Disorders, 294(June), 170–179. https://doi.org/10.1016/j.jad.2021.07.045
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Selvaraj, A., Radhin, V., KA, N., Benson, N., & Mathew, A. J. (2021a). Effect of pandemic based online education on teaching and learning system. International Journal of Educational Development, 85(January), 102444. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102444
Selvaraj, A., Radhin, V., KA, N., Benson, N., & Mathew, A. J. (2021b). Effect of pandemic based online education on teaching and learning system. International Journal of Educational Development, 85, 102444. https://doi.org/10.1016/J.IJEDUDEV.2021.102444
Syafril, E. P. E., & Kurniawati, W. (2021). PPT-Audio; the Alternative Audio-Visual Media for Online Learning during the Corona Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012046
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat (1)
Wulandari, Sukarno, & Sriyanto, I. (2021). Analisis Bentuk Tugas Belajar Bahasa Indonesia Tema 5 yang Dikerjakan di Rumah Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendidikan, 9(1), 8–13.
Yu, Z. (2021). The effects of gender, educational level, and personality on online l earning outcomes during the COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1). https://doi.org/10.1186/s41239-021-00252-3
Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). DECODE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33–42.
Refbacks
- There are currently no refbacks.