Program Layanan Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK

Fitriyah Nurdianah, Mumu Muzayyin Maq

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan program layanan bimbingan karir guna meningkatkan kompetensi siswa SMK. Penelitian ini didasari hasil analisis assessment kebutuhan dan permasalahan karir melalui penyebaran inventory tugas perkembangan (itp) di SMK Salafiyah Cirebon. Hasil yang didapat rata-rata aspek wawasan kesiapan karir siswa 4,46, simpangan baku 0,40 dan koefisien variansi 16,44%, artinya kebutuhan akan kondisi obyektif kesiapan karir siswa sangat diperlukan bagi siswa. Kompetensi yang dimaksud adalah kesiapan karir sebagai bagian dari kompetensi penunjang agar siswa yang telah lulus dari sekolah menengah kejuruan sudah siap untuk menghadapi dunia kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu research and development (RnD), dengan lima langkah yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Pengujian produk melibatkan ahli bidang keilmuan bimbingan dan konseling, serta uji coba produk kepada kelompok terbatas. Berdasarkan hasil pengujian, maka pengembangan program layanan bimbingan karir untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK dinyatakan layak untuk diimplementasikan pada siswa SMK. Penelitian ini juga membahas mengenai kelemahan program yang ditemukan setelah uji coba kelompok terbatas dilakukan sebagai rekomendasi penelitian selanjutnya.

Keywords

program; layanan bimbingan karir; kompetensi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.