Efektivitas Aplikasi Microsoft Teams Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas Vb SDN Sumberejo II Surabaya

Fatihatul Mufida, Evi Rizqi Salamah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi microsotf teams dan respon siswa dalam penggunaanya dalam pembelajaran daring. Untuk mendeskripsikan kendala yang dialami dalam penggunaan aplikasi Microsoft teams dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Sumber data dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi (gabungan) analisis data bersifat induktif/ kualitatif  yaitu melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa Aplikasi Microsoft teams dalam pembelajaran daring dengan subjek penelitian yaitu pada siswa kelas VB SDN Sumberejo II Surabaya dan wali kelasnya. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan aplikasi Microsoft teams sangat efektif. Hasil dari penelitian ditunjukan dari wawancara dengan wali kelas dan pembagian angket yang peneliti bagikan setelah proses pembelajaran menggunakan aplikasi Microsoft teams selesai. Dari hasil wawancara dengan wali kelas didapat bahwa pembelajaran daring menggunakan aplikasi Microsoft teams lebih mudah menyampaikan materi, pembelajaran lebih menarik dan proses belajar siswa lebih efektif dalam proses pembelajaran daring. Dari hasil angket yaitu 20 dari 23 siswa menyatakan bahwa sangat setuju dan setuju apabila pembelajaran daring menggunakan aplikasi Microsoft teams. Kendala yang dialami saat proses pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Microsoft teams hanya karena jaringan.

Keywords

Aplikasi Microsoft Teams, media, pembelajaran daring

References

Alifah, U. (2021). panduan pengajuan prosposal jarak jauh. 3(2), 6.

Buchal, R., & Songsore, E. (2019). Using Microsoft Teams To Support Collaborative Knowledge Building in the Context of Sustainability Assessment. Proceedings of the Canadian Engineering Education Association (CEEA), 1–8. https://doi.org/10.24908/pceea.vi0.13882

Creswell, J., & Plano Clark, V. L. (2012). 51-Creswell & Plano Clark, 2012.pdf.

Hubbard, M., Bailey, M. J., Hess, D., & Hellebro, M. (2021). Mastering Microsoft Teams. In Mastering Microsoft Teams. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-6898-8

Martin, L., & Tapp, D. (2019). Teaching with Teams: An introduction to teaching an undergraduate law module using Microsoft Teams [Enseñar con equipos: una introducción a la enseñanza de un módulo de derecho de pregrado con Microsoft Teams]. Innovative Practice in Higher Education Journal, 3(3), 58–66.

Salamah, E. R. (2017a). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tokoh-Tokoh Kemerdekaan Indonesia Evi. E-Journal.Unipma, 7(1), 1–8. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE

Salamah, E. R. (2017b). perkembangan belajar anak. In PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.616

Shen, J., Hiltz, S. R., & Bieber, M. (2006). Collaborative online examinations: Impacts on interaction, learning, and student satisfaction. IEEE Transactions on Systems, Man, and Cybernetics Part A:Systems and Humans, 36(6), 1045–1053. https://doi.org/10.1109/TSMCA.2006.883180

Singh, R., & Awasthi, S. (2020). Updated Comparative Analysis on Video Conferencing Platforms- Zoom , Google Meet , Microsoft Teams , WebEx Teams and GoToMeetings. Easy Chair: The World for Scientist, 1–9.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.