Penggunaan Media Kahoot pada Pembelajaran Tematik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDI Nurul Iman

Zuni Eka Tiyas Rifayanti, Husnul Mu’asyaroh

Abstract

Sebagai guru, di era kali ini kita harus paham bahwa era Pendidikan dengan pemanfaatan teknologi digital merupakan ciri dari Pendidikan di era revolusi 4.0 yang dimana guru di era digital diharuskan mampu membuat perubahan dalam penyampaian materi kepada siswa agar lebih mudah diterima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media kahoot (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan penggunaan media kahoot (3)  mendeskripsikan respon siswa (4) mendeskripsikan hambatan pada penggunaan media kahoot. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media kahoot dalam pembelajaran Tematik yang berfokus pada materi peristiwa proklamasi. Instrument pengumpulan data menggunakkan instrument wawancara, instrument hasil belajar dan instrument angket respon siswa sedangkan data di analisis dengan pengumpulan data,reduksi data, penyajian data, dan ferivikasi data. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Nurul Iman. Hasil[RM1] [z2]  dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunnakan media kahoot ini dapat membantu guru dalam mengkondisikan siswa, selain itu media ini juga dapat membuat siswa lebih memahami materi yang diberikan. Namun dalam penggunaannya terdapat hambatan pada koneksi jaringan internet dan kurangnya jumlah perangkat yang dimiliki oleh siswa.

 

Keywords

media kahoot, hasil belajar, pembelajaran tematik

References

Anwar, Ali dkk. (2015). Sejarah Berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Jakarta: Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Asrul, Rusydi Ananda., dan Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Bahar, Herwina, dkk. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengambidan pada Masyarakat Vol.3 (2): hal 155-162

Bunyamin, Aceng Cucu,. Juita, Dewi Rika, dan Syalsiah, Noer. Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permainan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Jurnal Kehumasan Vol.3 (1): hal 44-48.

Centauri, Beta. (2019). Efektivitas Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif Di SDN-7 Bukit Tunggal. Diakses 06 Mei 2021, dari Teknologi Pendidikan, FKIP, Universitas Palangka Raya.

Danuri dan Siti Maisaroh. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru.

Desyana, Lucia Vita. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Kahoot Pada Kegiatan Penutup Pembelajaran Matematika Materi Aturan Sinus Dan Cosinus Di Kelas X Mipa 4 SMA Stella Duce 1 Yogyakarta. Diakses dari http://repository.usd.ac.id/35394/2/151414059_full.pdf.

Gulo, Soziduhu. (2019). Tantangan Pendidikan Di Era Revolusi 4.0. Diakses 13 April 2021, dari https://www.kompasiana.com/sozi/5cf4846995760e765c2937e9/tantangan-pendidikan-di-era-revolusi-4-0?page=all.

Khabidin. (2019). Efektifitas Penerapan Aplikasi Kahoot Dalam Mengkondisikan Kelas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP N 1 Pagetan Kabupaten Banjarnegara. Diakses dari https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/14126/KHABIDIN%2014422126.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Marpuang, Indra Yasinta Oktavia dan Siagian, Sahat. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indoensia Berbasis Macromedia Flash Proffesional 8 Kelas V SD Swasta Namir”. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 3 (2): hal. 29-32.

Nuryadi dan Nanang Khuzaini. (2016) “Evaluasi Hasil dan Proses Pembeleajaran Matematika”. Yogyakarta: Leutikaprio.

Roy. (2019). Kahoot! App Belajar Sambil Bermain Melalui Aplikasi!. Diakses pada 27 Maret 2021, dari https://www.androidponsel.com/6391/kahoot-app-belajar-sambil-bermain-melalui-aplikasi/.

Sari, Septiana Dwi Puspita. “Manfaat Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information And Communication Technology) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. (2015) Dalam Pascasarjana Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Sidiq, Umar dan Moh.Miftachul Choiri. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.

Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sudaryono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tedy. (2021). Jenis-jenis Media Pembelajaran. Diakses 06 April 2021, dari https://milenialjoss.com/jenis-jenis-media-pembelajaran/#5_Kemp_dan_Dayton_20133.

Widyastuti, H. Sri dan Nurhidayati. (2010) Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Jawa Kementrian Pendidikan Nasional Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.