Dekonstruksi Dongeng Bawang Merah Bawang Putih Dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar

Ni Putu Candra Prastya Dewi, I Nengah Suastika

Abstract

Ada banyak cara yang dapat ditempuh dalam menanamkan nilai karakter melalui pembelajaran Bahasa. Salah satunya dengan cara memberikan dongeng kepada siswa sekolah dasar yang nantinya dikaitkan dengan materi yang akan disampaikan, sehingga pembelajaran lebih holistik. Selain itu, nilai-nilai moral yang terkandung dalam dongeng juga dapat dijadikan salah satu aspek pentingnya mengaitkan pembelajaran dengan dongeng.Tujuan penelitian ini adalah mendekonstruksi dongeng bawang merah bawang putih dalam meningkatkan karakter anak usia sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara kepada 20 orang guru sekolah dasar di Kabupaten Buleleng dan studi kepustakaan dengan mendekonstruksi nilai moral yang ada pada cerita bawang merah bawang putih. Teknik analisis data terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dongeng bawang merah bawang putih memiliki berbagai nilai karakter dalam ceritanya sehingga dapat ditanamkan pada anak sekolah dasar. Karakter yang terdapat pada dongeng bawang merah bawang putih yaitu murah hati, penyabar, tulus ikhlas, pantang menyerah, tidak mudah mengeluh, selalui bersyukur, menghargai, kasih sayang, tanggung jawab, kerja keras, peduli lingkungan, peduli sosial, demokratis, cinta damai, disiplin, komunikasi/bersahabat, religius.

Keywords

dongeng bawang merah bawang putih, nilai karakter, anak sekolah dasar

References

Adhi, M.K. 2014. “Model Pendidikan Karakter Berbasis Mendongeng”. Jurnal Santiaji Pendidikan . 4(1), hlm. 1-12.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Fananie, Zainuddin. 2001. Telaah Sastra. Surakarta : Muhammadiyah University Press.

Fitriani, W. 2019. “Dongeng Dapat Membentuk Karakter Anak Menuju Budi Pekerti Yang Luhur”. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 2(1), hlm. 178-183.

Habsari, Z. 2017. “Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak”. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi. 1(1), hlm. 21-29.

Hanif, M. 2010. “Dongeng/Cerita Dalam Perspektif Pendidikan”. Jurnal Pendidikan, 16(1). Hlm. 31-40.

Hermino, Agustinus. 2014. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter. Bandung: Alfabeta

Juanda. 2018. “Revitalisasi Nilai dalam Dongeng Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Anak Usia Dini”. Jurnal Pustaka Budaya. 5(2), hlm. 11-18.

Julaechoh, A. 2020. “Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih Karya Tira Ikranegara sebagai Muatan Pembelajaran Dongeng di SMP”. Prosiding Seminar Literasi V: Literasi generasi layer sentuh. Semarang 3 Desember 2020. Hlm. 126-138.

Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Polina, L. dan P. Pramudiani. 2018. “Pembelajaran Karakter Melalui Media Dongeng pada PAUD Formal Binaan I dan Binaan III Ciracas Jakarta Timur”. Jurnal SOLMA. 7(2), hlm. 215-224.

Puspitasari,N.A., S. Hidayatullah, dan A.R.Jupri. “Pembentukan Karakter Anak Dengan Menulis Dongeng”. Prosiding Pekan Seminar Nasional (Pesona). Hlm. 61-66. Tersedia pada journal.uhamka.ac.id. Diakses pada 12 November 2021.

Sari, E.D.N. dan S.F.Fitroh. 2015. “Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini”. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. 2(2), hlm. 215-224.

Sayono, J. 2015. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Dongeng Gagak Rimang”. Sejarah dan Budaya. Tahun Kesembilan Nomor 2, Hlm. 236-256.

Sophya. I. V. 2018. “Membangun Kepribadian Anak dengan Dongeng”. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 2(1), hlm. 183-199.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : PT. Alfabet.

Supardi, U.S. 2012. “Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi”. Jurnal Formatif. 2(2), hlm. 111-121.

Suryadi, H. 2017. Seputar Mendongeng untuk Guru dan Orang Tua. Bengkulu : Soega Publishing.

Syahrul, N. 2016. “Dekonstruksi Cerita untuk Membentuk Karakter Anak Menyelisik Sisi Lain Makna Cerita “Si Malin Kundang” “. Prosiding Seminar Nasional Sastra Anak. Hlm. 210-223. Tersedia pada https://pbsi.uad.ac.id/wp-content/uploads/Ninawati-Syahrul.pdf. Diakses pada 14 Oktober 2021.

Tahrun. 2015. “Membangun Nilai-Nilai Karakter Bangsa melalui Cerita Rakyat dalam Pembelajaran Bahasa”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Hlm. 261-271. Tersedia pada https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/ view/1252. Diakses pada 14 Oktober 2021.

Zulfitria, H.I.Dewi, M.Khanza. 2020. “Penerapan Pembelajaran Dongeng dalam Membentuk Karakter Siswa”. Jurnal Instruksional. 2(1), hlm.56-63.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.