Penerapan Elaborasi Model Flipped Classroom dan Media Google classroom Sebagai Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Abad 21

Muhammad Fauzan, Haryadi Haryadi, Nas Haryati

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi abad ke-21 mempengaruhi seluruh aspek kehidupan salah satunya dalam bidang pendidikan. Selain itu, pandemi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) juga mengubah sistem pengajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut tentunya menyebabkan kendala dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam pembelajaran salah satunya adalah dengan mengelaborasi model pembelajaran dan media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi. Bentuk elaborasi yang dilakukan adalah antara model flipped classroom (kelas terbalik) dan media google classroom. Penerapan elaborasi model flipped classroom dan media google classroom selain mampu mengatasi permasalahan diatas juga sangat berpengaruh terhadap self-development peserta didik.

Keywords

Model flipped classroom, media google classrom, pembelajaran bahasa Indonesia abad 21

References

Anggraeni, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS5 Untuk SMK Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Pada Kompetensi Dasar Menguraikan Sistem Informasi Manajemen ___ _ __ ____ _. 1–116.

Arruji, E. (2020). Pengaruh media google classroom terhadap hasil belajar pada Konsep Sistem Gerak (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif idayatullah Jakarta).

Bergmann , J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. Colorado: The International Society for Technology in Education (ISTE).

Hakim, Abdul Barir. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google classroom dan Edmodo, Jurnal I-Statement Vol.02 No 1, , h.2.

Hasanudin, C., & Fitrianigsih, A. (2019). Analisis gaya belajar mahasiswa pada pembelajaran flipped classroom. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 31-36.

Hasanudin, C., RM. Teguh S., Rahayu P., (2020). Elaborasi Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Google classroom Sebagai Bentuk Self-Development Siswa Mengikuti Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Jurnal Intelegensia Vol. 08 No. 02 ( Juli-Desember 2020)

Iftakhar, S. (2016). Google classroom: what works and how. Journal of Education and Social Sciences, 3(1), 12-18.

Imaduddin, M. (2018). Membuat Kelas Online Berbasis Android Dengan Google classroom: Terobosan Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Garudhawaca.

Irawan, D. (2018). Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasi dengan Model Servis Learning. Jurnal Edukasi Sebelas April, 2(1), 1–11.

Janah, N. (2009). Metode Pembelajaran Concept Attainment Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Tipe Belajar Siswa. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Johnson, G.B. (2013). Student Perceptions of The Flipped Classroom. Columbia: The University of British Columbia.

Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google classroom Dalam Pembelajaran Matematika Smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).

Nuratna, S. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Al-Azhary Islamic Boarding School Ajibarang Kabupaten Banyumas. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Panich, P. (2013). Flipped classroom. Bangkok, Thailand: S R Printing Mass Product.

Pradana, D. B. P. (2017). Pengaruh penerapan tools google classroom pada model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(01).

Pradana, Y. A. (2016). Analisis Penyebab Penggunaan Model Konvensional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas XI dan XII MAK MAN Wates 1 Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015 (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Pratama, R. B. (2017). Model Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) IPTEK Weru Sukoharjo. Institut Agamaa Islam Negeri Surakarta.

Ristawati. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Sinjai. Universitas Negeri Makassar.

Roehl, A., Linga, A., & Shannon, G.J. (2013). The flipped classroom: An opportunity to engage millennial students though active learning strategies. Journal of Family & Consumer Science, 105(2), 44-49.

Sayidiman. (2012). Penggunaan media audio visual dalam merangsang minat mahasiswa terhadap mata kuliah seni tari. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(1), 36–43.

Yulietri, F., & Mulyoto, M. (2015). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Teknodika, 13(2).

Stöhr, C., Demazière, C., & Adawi, T. (2020). The polarizing effect of the online flipped classroom. Computers & Education, 147, 1-12. Doi

Suparni, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Universitas Lampung.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46.

Turan, Z. dan Akdag-Cimen, B. (2020). Flipped classroom in English language teaching: a systematic review. Computer Assisted Language Learning, 33(5-6), 590-606.

Uchi, A. Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Lampung.

Vasanth, S. & Sumathi, C. S. (2020). Learning Management Systems through Moodle and Google classroom for Education. Advances in Research, 21(10), 32-37.

Yani, N. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Pokok Shalat Jumat Di Kelas VII Di MTS Al-Hasanah Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Zainuddin, Z. (2019). Pengembangan model pembelajaran flipped classroom dengan taksonomi bloom pada mata kuliah sistem politik Indonesia. Jurnal dimensi pendidikan dan pembelajaran, 7(2), 109-121.

Zhou, G.Q., & Jiang, X.F. (2014). Theoretical research and instructional design of the flipped classroom. In Applied Mechanics and Materials (Vol. 543, pp. 4312-4315). Trans Tech Publications.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.