Solusi Pencemaran Air Menggunakan Teknik Fitoremediasi Sebagai Bentuk Penerapan Model Project Based Learning di Masa Pandemi Covid-19

Vera Septi Andrini, Imega Syahlita Dewi, Hendrik Pratama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Project Based Learning dimasa pandemi Covid-19. Konsep pembelajaran berbasis proyek ini diterapkan dalam upaya memantik keaktifan dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimental. Penelitian dilaksanakan di STKIP PGRI Nganjuk dengan sampel berjumlah 49 mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa instrumen  tes, angket, dan observasi. Kegiatan mahasiswa dilakukan dalam bentuk proyek praktikum dengan tema “Solusi Pencemaran Air Melalui Teknik Fitoremediasi”. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Data menunjukkan peningkatan jika sebelum perlakuan atau pretest sebesar 0,24 (kriteria rendah) menjadi 0,41 (kriteria sedang). Hasil data praktikum juga menunjukkan bahwa fitoremediasi menggunakan fitoremediator eceng gondok terbukti efektif dalam menekan pencemaran air.

Keywords

Project Based Learning; Pencemaran Air; Fitoremediasi; Covid-19

References

Alfarokhi, A. I. (2016) ‘Pemanfaatan Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) Sebagai Tumbuhan Fitoremediasi Dalam Proses Pengolahan Limbah Tambak Udang Vannamei’. UII Yogyakarta.

Anggreni, L. D., Jampel, I. N. and Diputra, K. S. (2020) ‘Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Literasi Sains’, Mimbar Ilmu, 25(1), pp. 41–52.

Asrini, N. K., Adnyana, I. W. S. and Rai, I. N. (2017) ‘Studi Analisis Kualitas Air di Daerah Aliran Sungai Pakerisan Provinsi Bali’, Jurnal Ecotrophic, 11(2), pp. 101–107.

Eddy, S. (2015) ‘Kemampuan tanaman eceng gondok sebagai agens fitoremediasi air tercemar timbal (Pb)’, Sainmatika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2).

Haryanti, Y. D. (2017) ‘Model problem based learning membangun kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar’, Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).

Mustofa, Z., Susilo, H. and Al Muhdhar, M. H. I. (2016) ‘Penerapan model pembelajaran problem based learning melalui pendekatan kontekstual berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa SMA’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), pp. 885–889.

Prarikeslan, W. (2016) ‘Dampak Limbah Rumah Tangga Terhadap Ekosistem Laut Bagi Masyarakat Di Pasie Nantigo Koto Tangah Padang’, JURNAL GEOGRAFI, 5(1), pp. 1–11.

Puspasari, R. (2017) ‘Implementasi project based learning untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa dalam pembuatan alat peraga matematika inovatif’, Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), pp. 10–22.

Puspitasari, E., Sumarmi, S. and Amirudin, A. (2016) ‘Integrasi Berpikir Kritis dan Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Geografi dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMA’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), pp. 122–126.

Rahma, A. N. (2012) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berpendekatan SETS Materi Kelarutan dan Hasilkali Kelarutan untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Empati Siswa terhadap Lingkungan’, Journal of Research and Educational Research Evaluation, 1(2).

Sumarmo, U., Hendriana, H. and Rohaeti, E. E. (2017) ‘Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa’, Bandung: PT. Refika Aditama.

Tim, I. (2017) ‘Catatan Akhir Tahun 2016 Indonesian Center for Environmental Law “Tahun Kelam Kebijakan dan Penegakan Hukum Lingkungan di Indonesia”’, Jurnal Hukum Lingkungan Indonesia, 3(2), pp. 141–170.

Zahara, R., Wahyuni, A. and Mahzum, E. (2017) ‘Perbandingan Pembelajaran Metode Praktikum Berbasis Keterampilan Proses dan Metode Praktikum Biasa terhadap Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), pp. 170–174.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.