Persepsi Orang Tua Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19

Yani Fitriyani, Yeni Septiani, Meti Triarianti, Alifia Farah Helmia

Abstract

Merebaknya penyebaran virus covid-19 pada awal maret 2019 menyebabkan perubahan pada sektor pendidikan. Jika dilihat dari jenjang usia sekolah, maka tingkat sekolah dasar mengalami proses pembelajaran daring yang lebih sulit dibandingkan dengan sekolah menengah dan sekolah atas. Hal ini dikarenakan siswa sekolah dasar belum bisa menjalankan proses pembelajaran di luar sekolah secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi orang tua anak sekolah dasar selama pembelajaran daring berlangsung. Adapun responden dari penelitian ini adalah orang tua siswa sekolah dasar kelas 1-6 yang berjumlah 50 orang. Dalam penelitian ini, kami menggunakan teknik survey dengan bantuan google formulir dan analisis data menggunakan nilai rata-rata persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 70% orang tua siswa menyatakan pembelajaran daring sudah efektif dilakukan dalam masa pandemi COVID-19. Adapun sebesar 58% orang tua merasakan anaknya dapat menerima materi ajar. Hal ini dikarenakan guru menyampaikan materi ajar melalui aplikasi yang beragam  sesuai kondisi lingkungan orang tua siswa di rumah. Kesimpulannya pembelajaran daring memiliki dampak yang besar terhadap proses pembelajaran selama pandemi COVID-19, serta dibutuhkan peran aktif orang tua untuk mendukung proses pembelajaran guna tercapainya tujuan pembelajaran.

Keywords

Covid-19, Pembelajaran daring, Persepsi orangtua, Sekolah dasar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.