Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn

Afifah Widiyani, Puri Pramudiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar sebagai pendukung tercapainya indikator hasil belajar siswa dan untuk mengetahui kelayakan, dan respon peserta didik terhadap penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis software liveworksheet pada materi PPKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada tahap validasi, LKPD ini divalidasi dengan 2 validator yakni 1 validator ahli materi dan 1 validator ahli media. Pada tahap implementasi, LKPD berbasis software liveworksheet diuji pada peserta didik kelas V SDN Kebon Kosong 07 Pagi pada semester genap 2020-2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis software liveworksheet layak dengan presentase capaian sebesar 75% menurut ahli media, dan 91,75% menurut ahli materi. Hasil uji coba terhadap peserta didik menunjukkan presentase sebesar 73,52% dengan kriteria baik. Simpulan dari penelitian LKPD berbasis software liveworksheet pada materi PPKn pada subtema “Hak” adalah layak dan menarik untuk digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran bagi siswa kelas V.

Keywords

Distance Learning; LKPD; Software; Liveworksheet

References

Abdurrahman, Gardjito, & R.S, B. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI SMA. I(September), 1–8.

Abidin, A., & Utami, K. B. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Menggunakan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (Sscs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Xi Iis Sma Ekasakti Padang. Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti, 1(1), 9–20.

Ahmad, M., Muchlis, S., Ninawati, M., & All, A. (2017). Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Ikhtiar Membangun Indonesia Berkemajuan.

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, September, 122–130. http://eprints.uad.ac.id/21216/1/12. Novi Andriyani-PGSD %28122-130%29.pdf

Astra, I. M., Nasbey, H., & Muharramah, N. D. (2015). Development of Student Worksheet by using Discovery Learning Approach for Senior High School Student. Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society, 2(1), 91–96. https://doi.org/10.15408/tjems.v2i1.1749.

Azizah, Z. F. (2019). Instrumen Angket Validasi Pengembangan Media Fung-Cube Pada Pembelajaran Fungi Untuk Siswa SMA. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Canva. (n.d.). Memberdayakan dunia untuk mendesain. Retrieved July 12, 2021, from https://www.canva.com/id_id/about/.

Fathurrahman, M., Deni Setiawan, Sukarjo, & Neni Niswatun Hasanah. (2020). Media Audio Visual Mapel PPKn Materi Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab sebagai Masyarakat untuk Siswa Kelas V. UNNES Journals, 49(2), 56–61.

Fitriani, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Berpikir Kreatif Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 24. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.319.

Hardini, N. (2015). Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Tematik Pada Implementasi Ktsp Sd Se- Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo Ditinjau Dari Aspek Kognitif. Universitas PGRI Yogyakarta, 1–6.

Haryati, S. (2012). Sebagai Salah Satu Model Penelitian. Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan, 37, 11–26.

Hayati, R. (2021). Pengertian Rating Scale, Ciri, dan Contohnya. https://penelitianilmiah.com/rating-scale/

Julianti, D. P., & Sumarmin, R. (2018). The Development of Student Worksheet Based on Scientific Approach on Environmental Pollution Topic For Junior High School Student Grade VII. International Journal of Progressive Science and Technologies (IJPSAT), 10(1), pp 11-18.

Khuluqo, I. E. (2017). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar, Metode Dan Aplikasi Nilai – Nilai Spiritualitas Dalam Proses Pembelajaran. (1st ed.). Pustaka Pelajar.

Liveworksheet. (n.d.). Liveworksheet. Liveworksheet.Com. Retrieved July 10, 2021, from https://www.liveworksheets.com/aboutthis_en.asp

Nini, N. . (2019). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pada Materi Sel Kelas XI Di SMAN 1 Sandai Kabupaten Ketapang

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975

Putra. (2020). Microsoft Word: Pengertian, Sejarah & Fungsi Ms Word. https://salamadian.com/microsoft-word/

Rusli, M., Hermawan, D., dan Supuwiningsih, N. I. (2017). Multimedia Pembelajaran yang Inovatif. Penerbit Andi.

Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (Covid-19). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 28–37.

Sumberpengertian.id. (2020). Pengertian Microsoft Word, Fungsi dan Manfaatnya. https://www.sumberpengertian.id/pengertian-microsoft-word

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar I Made Tegeh dan I Made Kirna (12 - 26). Issn, 2, 12–16.

Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis

Refbacks

  • There are currently no refbacks.