Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa di SD IT Noor Hidayah
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kelangkaannya budaya sekolah keagaamaan di beberapa sekolah yang berfungsi untuk mencegah degradasi moral. Namun, SD IT Noor Hidayah merupakan salah satu sekolah yang memiliki program khusus pendidikan Islam dan budaya sekolah pada bidang keagamaan yang bertujuan untuk meningkatkan karakter religius siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya sekolah yang ada di SD IT Noor Hidayah; Mengetahui karakter religius siswa SD IT Noor Hidayah; dan Mengetahui pengaruh antara budaya sekolah terhadap karakter religius siswa di SD IT Noor Hidayah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif survey. Data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD IT Noor Hidayah yang berjumlah 124 siswa, dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah 31 siswa kelas 1-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah keagamaan yang terdapat di SD IT Noor Hidayah yaitu meliputi pembacaan do’a bersama di kelas; pembacaan surat-surat pendek Al-Qur’an, dan sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah. Budaya sekolah berpengaruh sebesar 29,2% terhadap karakter siswa. Budaya sekolah ini berpengaruh cukup signifikan terhadap karakter religius siswa SD IT Noor Hidayah. Hubungan positif antara kedua variabel tersebut yang mengandung makna semakin baik budaya sekolah yang dirancang, maka semakin baik pula karakter warga sekolah terutama karakter siswanya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agung Prihatmojo, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA, 4(1), 114–124.
Andari, L. (2013). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa. UIN Sunan Kali Jaga.
Anggraini, M. S. A., & Zulfiati, H. M. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD N KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3), 151–158.
Arifa, F. C. (2017). Strategi Pembentukan Karakter Religius di SD Neegeri Wonokerto I Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Asmani, J. M. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Diva Press.
Darmini, M. (2015). Pendidikan Karakter. UMC Press.
Daryanto & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Gava Media.
Fathurrohman, M. (2015). Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. PT Refika Aditama.
Furkan, N. (2014). The Implentation of Character Education through the School Culture in Sma Negeri 1 Dompu and Sma Negeri Kilo Dompu Regency. Journal of Literature and Linguistics, 3(April 2009), 14–44.
Kurniawan, A. (2019). Analisis penanaman karakter religius siswa sekolah dasar kelas rendah di sekolah dasar berbasis islam di kota purwokerto.
Labudasari, E., & Rochmah, E. (2018). Membangun karakter siswa sekolah dasar melalui gerakan literasi sekolah. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 25–32.
Maharani, S. D., MS, Z., & Nadiroh, N. (2019). Transformation of The Value of Religious Characters in Civic Education Learning in Elementary Schools. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(2), 295. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v6i2.683
Muhaimin. (2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.
Muhtar, T., Supriyadi, T., Lengkana, A. S., & Hanifah, S. (2019). Religious characters-based physical education learning in elementary school. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(12), 211–239. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.12.13
Nur, M. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengmbangkan Budaya Agama di Sekolah. IAIN Antasari Banjarmasin.
Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995
Samong, F., Suryadi, A., & Budimansyah, D. (2016). The Development of Character Education in Primary Schools through the Enhancement of School Culture. 77–79. https://doi.org/10.2991/icse-15.2016.17
Shoumi, N. B. (2017). PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN SISWA DI SD NEGERI 1 KOBER PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PURWOKERTO.
Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. IVCEJ, 2(1), 36–42.
Supraptiningrum, & Agustini. (2015). MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Karakter, No. 2.
Suryana, E. dkk. (2013). Pembinaan Keberagamaan Siswa melalui Pengembangan Budaya Agama di SMA Negeri 16 Palembang. Ta’dib, Vol. XVIII(Vol. XVIII).
Suwandayani, B. I., & Isbadrianingtyas, N. (2017). PERAN BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR. Prosiding SENASGABUD, 34–41.
Suyadi. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.
Tarmidzi, T., & Sugiarti, I. Y. (2019). Pengaruh Kultur Serta Kebiasaan dan Pembiasaan Positif di Sekolah Terhadap Karakter Religius dan Peduli Lingkungan Siswa SD di Kota Cirebon. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 248. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35192
Ulwan, A. N. (2015). Tarbiyatul Aulad Pendidikan Anak Dalam Islam. Insan Kamil.
Wahidin, K., et. al. (2010). Penelitian Pendidikan. UMC Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.