Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Android Pada Keterampilan Menulis Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar
Abstract
Peserta didik usia sekolah dasar masih mengalami kesulitan dalam menentukan kosakata, kata, kalimat disebabkan kurangnya media pembelajaran sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran untuk menentukan kosakata, kata dan kalimat. Pengembangan tersebut dapat diwujudkan melalui puzzle berbasis android pada keterampilan menulis permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran puzzle berbasis android pada keterampilan menulis permulaan siswa dikelas 1 sekolah dasar dengan materi keluargaku. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan Research and Development (R&D) berbentuk kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh berdasarkan hasil penilaian uji ahli dan respon peserta didik. Data kualitatif diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan komentar dari validator media, materi, dan bahasa. Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa permainan puzzle berbasis android pada menulis permulaan untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar yang dapat memudahkan peserta didik dalam menentukan kata, kosakata, kalimat dan memahami materi/informasi sebuah teks cerita perkenalan keluarga yang dibacanya baik secara individu/kelompok.
Keywords
Media Pembelajaran, Puzzle Berbasis Android, Pada Keterampilan Menulis Permulaan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.