Pengembangan Modul MIPO (Menemukan Ide Pokok) Berbasis Model Pembelajaran CIRC pada Cerita Nonfiksi di Kelas V Sekolah Dasar

Windi Indriyani, Rina Yuliana, Istinganatul Ngulwiyah

Abstract

Penelitian pengembangan ini berdasarkan pada peserta didik usia sekolah dasar yang masih mengalami kesulitan dalam menemukan ide pokok paragraf karena bahan ajar dan model pembelajaran yang diterapkan kurang tepat untuk pembelajaran menemukan ide pokok paragraf, sehingga perlu dikembangkan sebuah modul MIPO berbasis model pembelajaran CIRC. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul MIPO (Menemukan Ide Pokok) berbasis model pembelajaran CIRC pada cerita nonfiksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (R&D) berbentuk kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitafif diperoleh berdasarkan hasil uji ahli dan respons peserta didik. Sementara data kualitatif berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan komentar dari validator ahli media, bahasa, serta materi. Hasil penelitian menghasilkan produk berupa Modul MIPO (Menemukan Ide Pokok) Model Berbasis Pembelajaran CIRC untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar yang dapat memudahkan peserta didik dalam menemukan ide pokok paragraf dan memahami materi / informasi sebuah teks cerita nonfiksi yang dibacanya. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dapat menumbuhkan sikap kemandirian dan kerja sama antar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords

Modul MIPO, Model Pembelajaran CIRC, Nonfiksi, Kelas V Sekolah Dasar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.