Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Cililitan 02 melalui Problem Based Learning (PBL) berbasis Contextual Content

Septian Mukhlis, Nur Luthfi Rizqa Herianingtyas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Contextual Content (PBLCC). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cililitan 02 berjumlah 30 siswa, yaitu 11 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis melalui tahapan data reduction, data display, conclusing, verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran PBLCC dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran IPS pada SDN Cililitan 02 Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini digunakan untuk menunjukan bahwa implementasi PBLCC dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan memberikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini memberikan pengalaman belajar yang berbeda kepada siswa dan dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa lebih out of the box menciptakan ide-ide kreatif dalam pembelajaran.

Keywords

Problem Based Learning, Kontekstual, Berpikir Kreatif

Refbacks