Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Biografi Bermuatan Nilai Humanis Bagi Peserta Didik Kelas X SMA

Fahrudin Bustomi, Ahmad Syaifudin

Abstract

Materi pembelajaran menulis teks biografi di sekolah masih belum menunjang kegiatan pembelajaran, sehingga perlu dikembangkan. Pengembangan materi dapat diwujudkan dalam buku pengayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk prototipe buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai humanis bagi peserta didik kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Langkah-langkah dalam penelitian ini telah diredusikan menjadi lima tahapan. Adapun lima tahapan dalam penelitian ini, meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Adapun hasil penelitian ini, antara lain (1) hasil analisis angket kebutuhan peserta didik dan guru, (2) karakteristik buku pengayaan, (3) prototipe buku pengayaan, dan (4) penilaian dan saran perbaikan terhadap prototipe buku pengayaan menulis teks biografi. Simpulan penelitian ini adalah buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai humanis bagi peserta didik ini hendaknya dapat dijadikan sebagai pendamping buku teks dalam pembelajaran menulis teks biografi, dapat digunakan oleh guru untuk menanamkan nilai humanis pada peserta didik dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat, dan bagi penelitian lain dapat melakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai humanis bagi peserta didik kelas X SMA.

Keywords

buku pengayaan; menulis teks biografi; nilai humanis.

References

Afandi, M., & Zulaeha, I. (2017). Keefektifan Buku Pengayaan Menulis Teks Hasil Observasi Bermuatan Multikultural Berbasis Proyek Baca Tulis untuk Peserta Didik SMP. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (2), 187–199. Abrar, Ana Nadhya. 2010. Bagaimana Menulis Biografi Perspektif Jurnalisme. Yogyakarta: Emerson.

Alkhamra, H. A., AlNatour, M. M., & Abu D. S. (2012). Candidates of Written Language Disabilities among Undergraduate Students at the University of Jordan as Perceived by Students and Their Teachers. International Journal of Special Education, 27(3), 27-35.

Bozkurt, A., Kilgore, W., & Crosslin, M. (2018). Bot-teachers in hybrid massive open online courses (MOOCs): A post-humanist experience. Australasian Journal of Educational Technology, 34(3).

Hutauruk, A. F. (2014). Penggunaan Biografi Tjong A Fie dalam Menggali Nilai Multikulturalisme Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 82-90.

Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Sintesis, 11(1), 1-11.

Jayanti, T., Nuryatin, A., & Mardikantoro, H. B. (2015). Pengembangan buku pengayaan menulis cerita biografi bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter bagi peserta didik kelas VIII SMP. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2).

Jibril, H dan Dewi M. H. (2018). Nilai Humanisme Video Klip Coldplay “Paradise”. Jurnal PROMEDIA, 4(1), 129-154.

Mulya, Hilal, & Ariyani. (2017). Pembelajaran Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Global Madani Bandar Lampung. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 1-12.

Nuryatin, dkk. (2016). Buku Panduan Pilar Humanis Universitas Konservasi. Semarang: UNNES.

Pertiwi, Hartono, & Syaifudin. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Menyusun Teks Eksposisi Berbasis Kearifan Lokal bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 62-69.

Purnomo, Zulaeha, & Subyantoro. (2015). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Eksposisi Bermuatan Nilai-Nilai Sosial untuk Siswa SMP. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4(2), 118-124.

Pusat Perbukuan Depdiknas. (2008). Pedoman Penulisan Buku Nonteks (Buku Pengayaan, Referensi, dan Panduan Pendidik). Jakarta: Puskurbuk.

Puspitasari, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write dalam Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi dengan Media Cetak. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 6(1), 232-244.

Rediati, Ana. (2015). Pengembangan Buku Pengayaan Cara Menulis Teks Penjelasan Bermuatan Nilai Budaya Lokal untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4(1).

Sari, dkk. (2018). Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi Revisi 2016 Ditinjau dari Implikasi Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Revisi. Jurnal Riset Pedagogik, 2(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Kerja sama PPs UPI dengan ROSDA.

Taufiq, Moh & Ruganda. (2013). Analisis Nilai-Nilai Humanis dalam Cerpen Majalah Horison dengan Pendekatan Psikologi Sastra sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA. Jurnal METASASTRA, 6(1), 34-44.

Zucca, Laura & Scott. (2010). Know Thyself: The Importance of Humanism in Education. International Education, 40(1), 31-38.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.