Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis HOTS untuk Kelas VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Inggris berbasis HOTS bagi siswa kelas VII MTs. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif dan kuantitif. Data kuantitatif diperoleh dengan menggunakan angket dan data kualitatif diperoleh dengan menggunakan Teknik observasi, analisis buku, dan komentar dari validator ahli. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya modul pembelajaran Bahasa Inggris untuk kelas VII MTs Al Falaah Pandak yang berisi tentang materi dan aktifitas – aktifitas pembelajaran yang berbasis pada pembiasaan kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS) yang mencakup pada menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta atau memproduksi. Hasil dari nilai rerata validitas ahli sebesar 3.48 dan hasil angket siswa sebesar 3,23 yang menyatakan bahawa modul ini layak digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L.W., & Krathwohl (Eds.). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. New York: Longman.
Depdiknas. (2014). Permendiknas Nomor 70 Tahun 2014. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.
Hamdan, N., dkk. (2018). An Effectiveness of High Order Thinking Skills (HOTS) SelfInstructional Manual for Students’ Assignment Achievement. Journal of Technical Education and Training. VOL. 11 NO. 1 (2019) 063–072. http://penerbit.uthm.edu.my/ojs/index.php/jtet
Hutchinson, T. & A. Waters. 1987. English for Specific Purposes. Cambridge:
Cambridge University Press
Kholis, A. (2018). The Effectiveness of Using Video And Pictures In Teaching Writing Hortatory Exposition Text. LingTera, 5 (2), 2018, 189-198. http://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp
Lestari, R. (2019) Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada SMK Pelayaran di Kota Medan. Universitas Negeri Medan. http://digilib.unimed.ac.id/35984/ Retrieved on 8 December 2020
Margana dan Widyantoro A. (2017). Developing English Textbooks Oriented to Higher Order
Thinking Skills for Students of Vocational High Schools in Yogyakarta. Journal of Language
Teaching and Research, Vol. 8, No.1. Cited from https://eprints.uny.ac.id/36668/ on August 18, 2019
Renandya, W. (2013).Responding creatively to the new 2013 english language curriculum in Indonesia. A plenary paper delivered at the 10th JETA Conference, Sarjanawiyata Tamansiswa University Yogyakarta
Tomlinson, B. (2008). English language learning materials: a critical review. New York:Continuum International Group.
Wells, B. (1987) Apprenticeship in Literacy. Dalam Interchange 18,1/2:109-123.
Zahroh, S. (2019). Integrating Higher-Order Thinking Skills (HOTS) to Increase Students’ Productive Skills. https://semnas.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/Siti-Zahroh_Integrating-Higher-Order-Thinking-Skills-HOTS-to-Increase-Students-Productive-skills.pdf retrieved on 5 Decemeber 2020
Refbacks
- There are currently no refbacks.