Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa Darurat

Ahmad Munajim, Barnawi Barnawi, Fikriyah Fikriyah

Abstract

Dampak pandemi covid-19 di bidang pendidikan mengarah ke lost generation. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan kebijakan pembelajaran terkait dampak pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode penelitian pustaka dengan merujuk pada regulasi kurikulum darurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kurikulum darurat memiliki fleksibilitas yang tinggi. Satuan pendidikan diberi ruang yang luas untuk mendesain struktur kurikulum, kegiatan pembelajaran, dan media pembelajaran dengan tetap berorientasi pada pengembangan pengetahuan, pengauatan karakter, dan peningkatan keterampilan dengan berangkat pada regulasi dan protokol kesehatan.

Keywords

covid – 19, kurikulum, pembelajaran darurat

Full Text:

PDF

References

Aji, Rizqon Halal Syah. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 7 No. 5 (2020)

Edaran Menteri Pendidikan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Corona Wrus Disease-19

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3751 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar Pada Madrasah Aliyah.

Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 2781 Tahun 2020 tentang Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah

UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Refbacks

  • There are currently no refbacks.