Penggunaan Perangkat Lunak ATP untuk Mahasiswa Calon Guru SD Memahami Profil Perkembangan Siswa

Arie Rakhmat Riyadi, Tatang Syaripudin, Kurniasih Kurniasih, N. D. Shiera, Ari A. Magistra

Abstract

Memahami perkembangan anak merupakan hal penting bagi seorang calon guru. Tujuan penelitian ini mengetahui dampak penggunaan perangkat lunak ATP (Analisis Tugas Perkembangan) terhadap pemahaman dan keterampilan mahasiswa calon guru SD dalam mendeskripsikan profil capaian tugas perkembangan siswa. Metode penelitian ini ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru SD berjumlah 288 orang di sebuah universitas negeri pendidikan terkemuka di Indonesia. Alat pengumpul data menggunakan kuisioner memanfaatkan google form. Analisis data berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan ATP meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa mendeskripsikan profil capaian tingkatan dan aspek perkembangan siswa. Simpulan penelitian menegaskan bahwa ATP memfasilitasi pencapaian tujuan perkuliahan Perkembangan Peserta Didik di SD, sehingga melibatkan ATP direkomendasikan pada mata kuliah sejenis.

Keywords

ATP, tugas perkembangan, profil, calon guru, perangkat lunak

Full Text:

PDF

References

Akinlua, S. (2020). A Review of Expe-rimental and Ex Post Facto Re-search Designs. 10 Juni 2020. Online: https://www.researchga-te.net/publication/339433841_A_Review_of_Experimental_and_Ex_Post_Facto_Research_Designs/citation/download

Assingkily, M. S., & Hardiyati, M. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 19–31. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5210

Aulia, E., & Djunaidi, D. (2017). Rekayasa Sistem Informasi Analisis Perkembangan Siswa dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Edu Lektrika Journal, 6(1), 16–24.

Avcı, N., Kara, C., Ayhan, S., Güngör, N., & Kayacık, K. (2014). Investigation of Prospective Teachers’ Understanding of Childhood. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 246–252. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.188

Cahyono, H., & Iswati, I. (2018). Memahami Peran Dan Fungsi Perkembangan Peserta Didik Sebagai Upaya Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 47. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i1.1031

Coulombe, B. R., & Yates, T. M. (2018). Prosocial Pathways to Positive Adaptation: The Mediating Role of Teacher-Child Closeness. Journal of Applied Developmental Psychology, 58(August), 9–17. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2018.08.003

Daniels, D. H., & Shumow, L. (2003). Child Development and Classroom Teaching: A Review of The Literature and Implications for Educating Teachers. Journal of Applied Developmental Psychology, 23(5), 495–526. https://doi.org/10.1016/S0193-3973(02)00139-9

Dina, R. (2020). Analisis Pencapaian Tugas Perkembangan Siswa SD Negeri Serayu Yogyakarta. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 1–6.

Goble, P., Sandilos, L. E., & Pianta, R. C. (2019). Gains in Teacher-Child Interaction Quality and Children’s School Readiness Skills: Does it Matter Where Teachers Start? Journal of School Psychology, 73(February 2018), 101–113. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2019.03.006

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar : Masalah dan Perkembangannya. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196.

Pakarinen, E., & Kikas, E. (2019). Child-Centered and Teacher-Directed Practices in Relation to Calculation and Word Problem Solving Skills. Learning and Individual Differences, 70(January), 76–85. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2019.01.008

Prastowo, A. (2014). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik SD/MI melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 1–13.

Saeed, S. (2012). Evaluate the Opinions About the Competencies of Prospective Teachers in the Field of Psychology. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47, 908–912. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.755

Samiudin. (2017). Pentingnya Memahami Perkembangan Anak Untuk Menyesuaikan Cara Mengajar yang Diberikan. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 12(1), 1–9.

Silver, R. B., Measelle, J. R., Armstrong, J. M., & Essex, M. J. (2005). Trajectories of Classroom Externalizing Behavior : Contributions of Child Characteristics, Family Characteristics, and The Teacher–Child Relationship During The School Transition. Journal of School Psychology, 43, 39–60. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2004.11.003

Uerz, D., Volman, M., & Kral, M. (2018). Teacher Educators’ Competences in Fostering Student Teachers’ Proficiency in Teaching and Learning with Technology: An Overview of Relevant Research Literature. Teaching and Teacher Education, 70, 12–23. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.11.005

Wahid, A. (2013). Guru Sebagai Figur Sentral Dalam Pendidikan. Sulesana, 8(27), 4. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/view/1273

Kementerian Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2010. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.