Efektivitas Penggunaan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Berbasis E-Learning Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Riyanti Riyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan perangkat pembelajaran project based learning (PjBL) terintegrasi STEM berbasis e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa  . Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, design pre-experimental dengan the one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Plered tahun pelajaran 2019/2020. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Terpilih dua kelas sampel IVA dan IVB SDN 3 Panembahan sebagai kelompok eksperimen. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji perbedaan rata-rata dan N-gain. Diperoleh hasil peningkatan n-gain skor 0,37 dengan kategori sedang. Hasil nilai pretest-posttest kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran PjBL terintegrasi STEM berbasis e-learning.

Keywords

Project Based Learning, STEM, Kemampuan Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References

Abdulmajid, N. W., Pramuntadi, A., Riyanto, A. B., & Rochmah, E. (2017). Penerapan E-Learning Sebagai Pendukung Adaptive Learning Dan Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Di Kabupaten Bantul. Taman Vokasi, 2(2), 170. https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i2.2475

Ambarwati, R., Dwijanto, & Hendikawati, P. (2015). Keefektifan Model Project-Based Learning Berbasis GQM Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Percaya Diri Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7601

Antika, R. N., & Nawawi, S. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Seminar Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 72–79.

Apriliana, M. R., Ridwan, A., Hadinugrahaningsih, T., & Rahmawati, Y. (2017). Pengembangan Soft Skills Peserta Didik melalui Integrasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) dalam Pembelajaran Asam Basa. 8(2), 42–51.

Apriliani, L. R., & Suyitno, H. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kecemasan Matematika Pada Pembelajaran Creative Problem Solving Berteknik Scamper. 5(1), 131–140.

Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., Munoto, & Nurlaela, L. (2020). STEM : Inovasi Dalam Pembelajaran Vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33–42.

Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35.

Gale, J., Alemdar, M., Lingle, J., & Newton, S. (2020). Exploring critical components of an integrated STEM curriculum: an application of the innovation implementation framework. International Journal of STEM Education, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s40594-020-0204-1

Hakim, L., & Agung, H. (2018). Kajian Desain E-Learning Universitas Bunda Mulia Berdasarkan Spesifikasi E-Learning. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/3404

Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Moodle. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 197. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.412

Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis moodle dalam peningkatkan pemahaman lagu pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.10599

Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A conceptual framework for integrated STEM education. International Journal of STEM Education, 3(1). https://doi.org/10.1186/s40594-016-0046-z

Komalasary, D., Rusilowati, A., & Putra, N. M. D. (2019). Student ’ s Creative Zig -zag Book : Improving their Concepts Understanding by Using Project Based Learning. Journal of Primary Edu, 8(2), 209–217.

Lestari, T. P., Sarwi, & Sumarti, S. S. (2018). STEM-Based Project Based Learning Model to Increase Science Process and Creative Thinking Skills of 5 th Grade. Journal of Primary Education, 7(1), 18–24.

Mansir, F., & Karim, A. (2020). Islamic education learning approaches in shaping students’ emotional intelligence in the digital age. HAYULA: Indonesia Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 67–86. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/004.01.04

Mapeala, R., & Siew, N. M. (2015). The development and validation of a test of science critical thinking for fifth graders. SpringerPlus. https://doi.org/10.1186/s40064-015-1535-0

Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. 3(2).

Nur, M. D. M. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Fisika Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Yang Memiliki Self- Regulated Learning (SRL) Yang Berbeda. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 65.

Park, H., Byun, S., Sim, J., Han, H., & Baek, Y. S. (2016). Teachers’ perceptions and practices of STEAM education in South Korea. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(7), 1739–1753. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1531a

Prayito. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivisme Berbantuan E-Learning Materi Segitiga Kelas VII. 2, 1–9.

Riyadi, R. A., Nur, M., & Ismayat, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis E-Learning Moodle Dengan Model Pengajaran Langsung Di Smkn 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi UNESA, 3(01), 247052.

Sari, I. P., Supandi, & Ariyanto, L. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 102–107.

Sulistiyowati, Abdurrahman, & Jalmo, T. (2018). The Effect of STEM-Based Worksheet on Students’ Science Literacy. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 89. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2141

Suprihatinigsih, A., Rachman, M., & Suhandini, P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Sosiologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar Terhadap Ketrampilan Memecahkan Masalah Siswa-Siswa SMA N 1 Mranggen. Journal of Educational Social Studies, 1(2), 11–23.

Tohir, M. (2019). Menjadikan Para Siswa Aktif Bertanya dalam Kelas Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013. 249–263. https://doi.org/10.31219/osf.io/cmb7q

Refbacks

  • There are currently no refbacks.