Efektivitas Penggunaan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Berbasis E-Learning Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulmajid, N. W., Pramuntadi, A., Riyanto, A. B., & Rochmah, E. (2017). Penerapan E-Learning Sebagai Pendukung Adaptive Learning Dan Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Di Kabupaten Bantul. Taman Vokasi, 2(2), 170. https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i2.2475
Ambarwati, R., Dwijanto, & Hendikawati, P. (2015). Keefektifan Model Project-Based Learning Berbasis GQM Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Percaya Diri Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7601
Antika, R. N., & Nawawi, S. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Seminar Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 72–79.
Apriliana, M. R., Ridwan, A., Hadinugrahaningsih, T., & Rahmawati, Y. (2017). Pengembangan Soft Skills Peserta Didik melalui Integrasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) dalam Pembelajaran Asam Basa. 8(2), 42–51.
Apriliani, L. R., & Suyitno, H. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kecemasan Matematika Pada Pembelajaran Creative Problem Solving Berteknik Scamper. 5(1), 131–140.
Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., Munoto, & Nurlaela, L. (2020). STEM : Inovasi Dalam Pembelajaran Vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33–42.
Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35.
Gale, J., Alemdar, M., Lingle, J., & Newton, S. (2020). Exploring critical components of an integrated STEM curriculum: an application of the innovation implementation framework. International Journal of STEM Education, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s40594-020-0204-1
Hakim, L., & Agung, H. (2018). Kajian Desain E-Learning Universitas Bunda Mulia Berdasarkan Spesifikasi E-Learning. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/3404
Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Moodle. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 197. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.412
Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis moodle dalam peningkatkan pemahaman lagu pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.10599
Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A conceptual framework for integrated STEM education. International Journal of STEM Education, 3(1). https://doi.org/10.1186/s40594-016-0046-z
Komalasary, D., Rusilowati, A., & Putra, N. M. D. (2019). Student ’ s Creative Zig -zag Book : Improving their Concepts Understanding by Using Project Based Learning. Journal of Primary Edu, 8(2), 209–217.
Lestari, T. P., Sarwi, & Sumarti, S. S. (2018). STEM-Based Project Based Learning Model to Increase Science Process and Creative Thinking Skills of 5 th Grade. Journal of Primary Education, 7(1), 18–24.
Mansir, F., & Karim, A. (2020). Islamic education learning approaches in shaping students’ emotional intelligence in the digital age. HAYULA: Indonesia Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 67–86. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/004.01.04
Mapeala, R., & Siew, N. M. (2015). The development and validation of a test of science critical thinking for fifth graders. SpringerPlus. https://doi.org/10.1186/s40064-015-1535-0
Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. 3(2).
Nur, M. D. M. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Fisika Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Yang Memiliki Self- Regulated Learning (SRL) Yang Berbeda. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 65.
Park, H., Byun, S., Sim, J., Han, H., & Baek, Y. S. (2016). Teachers’ perceptions and practices of STEAM education in South Korea. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(7), 1739–1753. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1531a
Prayito. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivisme Berbantuan E-Learning Materi Segitiga Kelas VII. 2, 1–9.
Riyadi, R. A., Nur, M., & Ismayat, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis E-Learning Moodle Dengan Model Pengajaran Langsung Di Smkn 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi UNESA, 3(01), 247052.
Sari, I. P., Supandi, & Ariyanto, L. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 102–107.
Sulistiyowati, Abdurrahman, & Jalmo, T. (2018). The Effect of STEM-Based Worksheet on Students’ Science Literacy. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 89. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2141
Suprihatinigsih, A., Rachman, M., & Suhandini, P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Sosiologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar Terhadap Ketrampilan Memecahkan Masalah Siswa-Siswa SMA N 1 Mranggen. Journal of Educational Social Studies, 1(2), 11–23.
Tohir, M. (2019). Menjadikan Para Siswa Aktif Bertanya dalam Kelas Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013. 249–263. https://doi.org/10.31219/osf.io/cmb7q
Refbacks
- There are currently no refbacks.