Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

Maria Ulfa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah melalui model pembelarajan kooperatif tipe group investigation. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester I prodi PGSD, STKIP Kusuma Negara yang berjumlah 30 mahasiswa. Waktu penelitian adalah bulan September sampai dengan Desember atau pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah classroom action research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian yang digunakan adalah desain Kemmis dan Taggart dengan 3 siklus. Penelitian ini dilakukan melalui empat fase, yakni: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes menulis karya ilmiah, obeservasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian pra tindakan adalah rata-rata nilai mahasiswa adalah 58,5 dengan keberhasil ketuntasan sebesar 20%. Siklus I rata-rata nilai mahasiswa adalah 63,5 dengan keberhasil ketuntasan sebesar 30%. Di siklus II rata-rata nilai mahasiswa adalah 76,5 dengan keberhasil ketuntasan sebesar 60%. Serta siklus III rata-rata nilai mahasiswa adalah 81,7 dengan keberhasil ketuntasan sebesar 80%. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa Semester I Prodi PGSD, STKIP Kusuma Negara. Berdasarkan hasil temuan, disarankan kepada dosen mata kuliah Bahasa Indonesia dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk pembelajaran keterampilan menulis.

Keywords

Keterampilan Menulis Karya Ilmiah, Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Group Investigation

Full Text:

PDF

References

Afianti, N.W., Sulastry, T., Alimin. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA 3 SMAN 1 Bontomarannu. Jurnal Nalar Pendidikan, 5 (2): 544. (https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/4869 diakses 01 September 2020).

Amelia, F. dan Eva M. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemercing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Zat dan Wujudnya. (Online), 2(4):19-23, (http://digilid.unimed.ac.id diakses 01 September 2020).

Chaer, Abdul. (2015). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. (2018). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. : Referensi.

Nartini and Darmadi. (2020). Improving Student Mathematics Learning Achievement Through Group Investigation Learning Models. Social Sciences, Humanities and Education Journal (SHE Journal). Volume 1 (2) 35 – 42. 2020. ISSN: 2720-9946 (Online) The article is published with Open Access at: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/SHE (diakses 21 Oktober 2020).

Pratama, Hendrik dan Sulistyaning Kartikawati. (2017). The Effect of WhatsApp Messenger As Mobile Learning Integrated with Group Investigation Method of Learning Achievement. International Journal of Science and Applied Science: Conference. Vol. 2 No. 1 Tahun 2017 Halaman 164-173. https://jurnal.uns.ac.id/ijsascs/article/view/16702 (diakses 21 Oktober 2020).

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Gru. : PT Raja Gravindo.

Sangadji, Sopiah. (2016). Implementation of Cooperative Learning with Group Investigation Model to Improve Learning Achievement of Vocational School Students in Indonesia.International Journal of Learning & Development, 6(1), 91–103. (https://www.semanticscholar.org/paper/Implementation-of-cooperative-learning-With-group-Sangadji/8918df28780db25748dafb89845a9e4ed8a57d25) (diakses pada tanggal 24 September 2020)

Suprapti, Yuyun Astuti and Putro, Khamim Zarkasih and Hamid, Mudasetia (2019) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Investigasi Kelompok Pada Siswa Kelas X Mipa 6 Sma Negeri 1 Temanggung Tahun Pelajaran 2018/2019. Halaman 22. Tesis, STIE Widya Wiwaha. http://eprint.stieww.ac.id/868/ (diakses pada tanggal 24 September 2020)

Tampubolon, Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. : Erlangga.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis: Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2002 pasal 35 ayat 3 tentang Perguruan Tinggi.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 25 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widiasari, Ni Kadek Rina dan Made Sumantri. (2020). Kooperatif Tipe Group Investigation Melalui Setting Lesson Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 4, Number 2, 2020 p. 143-152. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25094/15421 (diakses 21 Oktober 2020)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.