Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Memanfaatkan Media Presentasi dalam Mendukung Pembelajaran Saintifik Melalui Direct Reading dan Sharing Of Experience Bagi Guru SMP Negeri 2 Ampel Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019

Sri Rahayu

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasahalan tentang kinerja guru di SMP Negeri 2 Ampel dalam memanfaatan media presentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan media presentasi dalam mendukung pembelajaran saintifik melalui pembinaan teknik Direct Reading dan Sharing Of Experience. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui tindakan pembinaan teknik direct reading dan sharing of experience kemampuan guru dalam memanfaatkan media presentasi dalam pembelajaran saintifik bagi guru SMP Negeri 2 Ampel Kabupaten Boyolali dapat meningkat dengan maksimal. Peningkatan nilai rata-rata dari prasiklus ke siklus II sebesar 14,6. Peningkatan prosentase ketercapaian indikator dari kegiatan prasiklus ke seklus II sebesar 52,14%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembinaan teknik direct reading dan sharing of experience dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan media presentasi

Keywords

kemampuan guru, media presentasi, direct reading

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S., 2010, Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta.

Asra, S., 2007, Metode Pembelajaran,. Bandung : CV. Wacana Prima.

Depdiknas, 2008, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Dikmenum Depdiknas

Hawi, A., 2013, Kompetensi Guru PAI, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kunandar, 2008, Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Ma’mur. J., Asmani, 2012, Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal, Yogyakarta: Diva Press.

Moekijat, 2009, Tata Laksana Kantor, Bandung: Mandar Maju

Rohani, A., 2010, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Somadayo, S., 2011, Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca.

Tarigan, G. H., 2008, Membaca: sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wijaya A. C., 2010, Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar. Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.