Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang

Mia Zultrianti Sari, Agus Gunawan, Yani Fitriyani, Nurul Hilaliyah

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas tinggi di SDN 1 ciporang, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas tinggi yang berjumlah 197 siswa. Pengumpulan data yang digunakan berupa angket berskala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan minat baca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas tinggi di SDN 1 Ciporang Kabupaten Kuningan. Hasil pengolahan data bahwa minat baca siswa menurut persepsi responden mencapai 43,66% termasuk kategori kriterium sedang dan hasil belajar siswa mencapai 62,95% termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil analsis uji hipotesis diperoleh t hitung (7,734) > sig (0,000) maka koefisien regresi X dan Y yang diuji adalah signifikan. Maka hasil penelitian menunjukan bahwa minat baca memiliki kesinambungan dengan hasil belajar hal tersebut didapat dari hasil presentase hasil belajar siswa bahasa Indonesia siswa kelas tinggi  SDN 1 Ciporang.

Keywords

Minat Baca, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta : Kemendikbud.

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Mneingkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147.

Azwar, S. (2003). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Cahyani, I., & Rosmana, I. . (2013). Pendidikan Bahasa Indonesia. Bandung: UPI PRESS.

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dinar, P. W., & Maspuroh, U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Apresiasi Puisi. LITERASI, Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 9(1), 48–60.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi belajar mengajar (Cet.5). Jakarta: Rineka Cipta.

Doman, G. (2010). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 27(1), 124265. https://doi.org/10.15294/jpp.v27i1.194

Firmansyah, D. (2018). Analysis of Language Skills in Primary School Children (Study Development of Child Psychology of Language). PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 2(1), 35. https://doi.org/10.22460/pej.v1i1.668

Maharani, O. D., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat Baca Anak-anak di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320–328.

Nenty, H. J. (2009). Writing a Quantitative Research Thesis. International Journal of Educational Sciences, 1(1), 19–32. https://doi.org/10.1080/09751122.2009.11889972

Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Paedagogia, 13(2), 115–128.

Nurlaela, L., Samani, M., Asto, I. G. P., & Wibawa, S. C. (2018). The effect of thematic learning model, learning style, and reading ability on the students’ learning outcomes. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 296(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/296/1/012039

Nuryanti, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelaksanaan Gerakan Literasi dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Berbicara Siswa SD Negeri Segugus Taman, Kota Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 105. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5733

Parmadani, T. S., & Latifah, L. (2016). Pengaruh Minat Baca, Sumber Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Economics Education Analysis Journal, 4(2), 496–508. https://doaj.org/article/28ab3f75d13d4201a37d84066c039a8f

Rahayu, G. S. (2015). Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Ii Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2014 / 2015. Jurnal Penididkan Guru Sekolah Dasar.

Sari, M. Z., Fitriyani, Y., & Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dalam Implementasi Karakter Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Pendidikan Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 382–396. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2824

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, N. T. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 2(2), 2597–9515.

Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 18–26.

Triatma, I. . (2016). Minat Baca Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166–178.

Wahyuni, S. (2015). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, 17(1), 179–189. https://doi.org/10.21831/diksi.v17i1.6580

Zubaidah, S., Corebima, A. D., Mahanal, S., & Mistianah. (2018). Revealing the relationship between reading interest and critical thinking skills through remap GI and remap jigsaw. International Journal of Instruction, 11(2), 41–56. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1124a

Refbacks

  • There are currently no refbacks.