Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen untuk Meningkatkan Critical Thinking Mahasiswa

Herinto Sidik Iriansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan critical thingking mahasiswa melalui penerapan model Pembelajaran Project Citizen pada mahasiswa semester II Kelas A program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada Matakuliah Pendidikan Karakter Bangsa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Penelitian dilaksanakan di STKIP Kusuma Negara Tahun akademik 2018/2019 dengan subjek penelitian sebanyak 30 mahasiswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Project Citizen dengan tahapan (1) Mengidentifikasi masalah, (2) Memilih masalah sebagai bahan kajian kelas, (3) Mengumpulkan informasi, (4) mengembangkan portofolio kelas, (5) Menyajikan portofolio., dan (6) Merefleksikan pengalaman belajar, dapat meningkatkan critical thingking Mahasiswa.  Hal tersebut dibuktikan dengan Pada siklus I maksimal 14 mahasiswa memiliki critical thingking yang tinggi dan pada siklus II, sebanyak maksimal 27 mahasiswa mempunyai critical thingking yang tinggi.

Keywords

critical thingking, Project Citizen Learning Model, dan Students PGSD

Full Text:

PDF

References

Budimansyah, D. 2009. Inovasi Pembelajaran Project Citizen. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan SPs UPI

Cabinet Office Japan Government. 2019. Society 5.0. Diakses dari:https://www8.cao.go.jp/cstp/english/society5_0/index.html, tanggal 20 Agustus 2019

Chrisnaji Banindra Yudha. 2019. pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika. Volume 9, Nomor 1. P. 31-36

Chrisnaji Banindra Yudha, 2019. Penerapan Project Based Learning dalam Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 3 (1) (2019) 30-42.

Costa, A. & Kallick. B. (2014). Dispositions: Reframing teaching and learning. Thousand Oaks, CA: Corwin Pres

Dina Indriani. 2019. Peranan Project Citizen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol 4 No 2 Tahun 2019 p.20-29

Fisher A, Scriven M. 1997. Critical Thinking: Its Definition and Assessment. Point Reyes (CA): Edgepress.

Kemmis & Mc. Taggart.1988. The action research planner. Victoria: Deakin University.

Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Terjemahan oleh Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center (MLC)

Luqman. 2017. Penerapan Model Project Citizen Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2 Nomor 1, Juni 2017: 44-59.

Nada Santi Ulfah , Solihin Ichas Hamid. 2017. Project Citizen Model In Civic Learning To Improve Students Critical Thinking Skills. Jurnal Antologi UPI Volume 5 Edisi No.1. p. 134-145

Reeve, E. M. (2016). 21st-century skills needed by students in technical and vocational education and training (TVET). Asian International Journal of Social Sciences, 16(4), 65 – 82. doi: 10.29139/aijss.20160404

Rohani dan Rube’i, Muhammad Anwar. 2019. Peningkatan Keterampilan Intelektual Melalui Penerapan Model Project Citizen Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume 10 Nomor 2, p. 93 – 104

Parjono,dkk. 2007. Pedoman penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY

Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Suparni. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat Volume 3 No. 2 Desember 2016 (ISSN: 2407 – 3792(Cetak)) P. 40 – 58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.