Pengembangan E-Book untuk Matakuliah Konsep Dasar IPS Lanjut Bagi Mahasiswa PGSD UNESA

Putri Rachmadyanti, Ganes Gunansyah

Abstract

Pendidik memiliki peran untuk mengmbangkan bahan ajar, tidak terkecuali untuk Pendiidkan Tinggi. Berkaitan dengan penggunaan bahan ajar tersebut,  didapatkan fakta  bahwa  selama ini pada matakuliah Konsep Dasar IPS Lanjut masih belum memiliki bahan ajar yang khusus dibuat oleh Tim rumpun IPS PGSD FIP UNESA dalam rangka menunjang perkuliahan, sehingga dikembangkan produk pembelajaran berupa ebook untuk Matakuliah Konsep Dasar IPS Lanjut. Bahan ajar e-book dipilih mengingat praktis dan fleksibel dalam penggunaanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengahsilkan produk berupa e-book dan juga mengukur kelayakan produk ebook yang meliputi aspek validitas, kepraktisan, dan daya tarik. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Model ADDIE, yang meliputi Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 PGSD FIP UNESA. Adapun hasil penelitian ini berupa ebook untuk matakuliah Konsep Dasar IPS Lanjut yang disusun berdasarkan RPS dan menjadi bahan yang dapat digunakan pada system  e-learning UNESA.

Keywords

bahan ajar, ebook, IPS

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Awaludin. (2017). Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Butcher, Christopher., Clara Davies., dan Mellisa Highton. (2006). Modul Effective Teaching. New York: Routledge.

Branch, Maribe Robert. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: University 0f Georgia Diiakses pada 10 Januari 2019

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Djawad, Yasser A, Hendra Jaya, dan Moh Dirgo Dzakwarianto. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Sistem Isyarat Elektronik. online http://ojs.unm.ac.id/index.php/semnaslemlit/article/download/4097/2461 , OJS Universitas Negeri Makassar.

Heinich, Molenda, dan Russel. (1982). Instructional Media. Canada: Simultaneously Published

Ihsan, Fuad. (2010) Dasar- Dasar Kependidikan . Jakarta: Rineka Cipta.

Mawarni, Sella., Ali Muhtadi. (2017). Pengembangan Digital Book Interaktif Matakuliah Pengembangan MultiMedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 4, No 1, April 2017 (84-96) Online: http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp.

Mayer, R. (2009). Multimedia Learning Prinsip- prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Utami, Wahyu Niken. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis web untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam membuat animasi materi pembelajaran matematika berbasis ICT. Universitas PGRI Yogyakarta.

Pribadi, Benny A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi : Implementasi Model ADDIE Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Grup

Sanjaya, Wina. (2014). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Grup.

Setyaningrum. (2011).Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan

Komputer dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Permutasi danKombinasi di Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional.

Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang

Shiratuddin, N., Landoni, M., Gibb, F., & Hassan, S. (2003). E-book technology and its potential applications in distance education. Journal of Digital Information, Retrieved from https://journals.tdl.org/jodi/index.p hp/jodi/article/view/90/89

Suparman, M. Atwi. (2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga

Tomlinson, B. (2003). Developing Materials for Language Teaching. London: Great Britain by Cromwell Press, Trowbridge, Wiltshire

mahasiswa

Refbacks

  • There are currently no refbacks.