Efikasi Diri, Kestabilan Emosi dan Keberhasilan Akademik Mahasiswa Dalam Perkuliahan

Lina Arifah Fitriyah, Andri Wahyu Wijayadi, Nur Hayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri, kestabilan emosi terhadap keberhasilan akademik. Metode penelitian ini menggunakan analisis korelasi. Instrumen dalam penelitian antara lain angket efikasi diri, angket kestabilan emosi dan nilai hasil belajar mahasiswa selama menempuh perkuliahan selama satu semester (keberhasilan akademik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh efikasi diri terhadap keberhasilan akademik sebesar 7,6% sedangkan 92,4% ditentukan oleh faktor lain, dan (2) ada pengaruh kestabilan emosi terhadap keberhasilan akademik sebesar 19,9% sedangkan 80,1% ditentukan oleh faktor lain. Dengan demikian ada hubungan  efikasi diri dan kestabilan emosi dengan keberhasilan akademik mahasiswa. Hal ini menerangkan bahwa efikasi diri dan kestabilan emosi mahasiswa yang tinggi, keberhasilan akademiknya pun bisa tinggi pula. Sebaliknya, efikasi diri dan kestabilan emosi mahasiswa rendah maka bisa jadi capaian keberhasilan akademik mahasiswa pun rendah pula.

Keywords

Efikasi Diri, Kestabilan Emosi, Keberhasilan Akademik Mahasiswa

Full Text:

PDF

References

Ahmad, Alay & Safaria, Triantoro. 2013. Effects of Self-Efficacy on Students’ Academic Performance. Journal of Educational, Health and Community Psychology, Vol. 2 No. 1.

Annisa, W. 2010. Metode Penelitian Korelasional. Http://bintangkecilungu.wordpress.com/2010/10/31/metode-penelitian-korelasional-2/.

Azwar, Saiffudin. 1999. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Chusnul Chotimah. 2010. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karanganom Klaten. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Fitriyah, Lina Arifah; etc. 2019. Menanamkan Efikasi Diri dan Kestabilan Emosi. Jombang: LPPM Unhasy Tebuireng Jombang.

Permendikbud. 2013 SNPT. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan dan Bandar Standar Nasional Pendidikan.

Serebryakova, Tat'yana A.; Morozova, Lyudmila B.; Kochneva, Elena M.; Zharova, Darya V., Kostyleva, Elena A. and Kolarkova, Oxana G. 2016. Emotional Stability as a Condition of Students’

Adaptation to Studying in a Higher Educational

Institution. International Journal Of Environmental & Science Education, Vol. 11, NO. 15, 7486-74.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. bandung: Alfabeta.

Sukmawati, N.P.F., Suarni, N.K., & Renda, N.T. 2013. Hubungan antara Efikasi Diri dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN di Kelurahan Kaliuntu Singaraja. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Schunk, D.H. 2012. Learning Theories An Educational Perspective. Boston: Publishing As Allyn & Bacon 501.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

UU RI Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. (Online), pdf.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.