Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Rumus dan Fungsi Microsoft Excel

Hari Widiyanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal rumus dan fungsi microsoft excel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F SMP Negeri 6 Kebumen tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal rumus dan fungsi pada microsoft excel di kelas VII F SMP Negeri 6 Kebumen tahun pelajaran 2019/2020 yang dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 68.5% menjadi 94% pada siklus II.

Keywords

Tutor Sebaya, Microsoft Excel, Siswa

Full Text:

PDF

References

Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2010). Metode pembelajaran tutor teman sebaya meningkatkan hasil belajar berdasar regulasi-diri. Hubs-Asia, 10 (1).

Balitbang Kemdikbud. (2019). Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013. Jakarta: Balitbang Kemdikbud.

Hastuti, D. N. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X Multimedia 1 di SMKN 1 Godean. Skripsi pada Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: UNY.

Mujoyana, M. (2015). Penerapan model pembelajaran tutor sebaya berbantuan Power Point untuk meningkatkan hasil belajar materi himpunan kelas VII MTs Baitussalam Semarang (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Sanjaya, W. (2009) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Setiana, E. ( 2019). Informatika untuk SMP/MTs Kelas VII. Bandung: Grafindo.

Siregar, H. I. (2016). Pengelolaan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Microsoft Excel di Kelas VIII-D Smp Negeri 1 Batangkuis. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 6(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.