Implementation of School-Based Management Through a Culture of Literacy in Elementary Schools

Sri Marmoah, Hartono Hartono, Sadiman Sadiman

Abstract

Budaya literasi merupakan salah satu bagian pendukung implementasi manajemen berbasis sekolah di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen berbasis sekolah melalui budaya literasi di sekolah dasar. Metode penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Laweyan, Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen berbasis sekolah melalui budaya literasi di sekolah dasar telah dilaksanakan dengan baik yang dimulai dengan keteladanan dicontohkan oleh guru dan kepala sekolah, ketersediaan program kerja sekolah, pengembangan gerakan literasi melalui kerjasama dengan seluruh warga sekolah, dan pembiasaan dilakukan melalui membaca 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Simpulan penelitian ini yaitu sekolah dasar di Laweyan telah melaksanakan manajemen berbasis sekolah melalui budaya literasi dengan baik pada semua jenjang kelas.

 

Keywords

School Based Management, Literacy, Elementary School

Full Text:

PDF

References

Abidin Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: PT Refika Adiatama.

Anderson, J., Anderson, A., & Sadiq, A. (2017). Family Literacy Programmes and Young Children’s Language and Literacy Development: Paying Attention to Families’ Home Language. Early Child Development and Care, 187 (3&4), 644–654.

Auberry, K. (2018). Increasing Students’ Ability to Identify Fake News through Information Literacy Education and Content Management Systems. The Reference Librarian, 1-10.

Briggs, K. (2010). Learning Information Literacy Skills through Library Instruction: An Irish Higher Education Case Study of First Year Students.

Chang, Y.K., et al. (2012). Assessing Students’ Information Literacy Skills in Two Secondary Schools in Singapore. Journal of Information Literacy, 6 (2), 19-34.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th ed.). New York: Routledge.

Corral, S. (2008). Information Literacy Strategy Development in Higher Education: An Exploratory Study. International Journal of Information Management, 28, 26-37.

De Zeeuw, E. L., de Geus, E. J. C. & Boomsma, D. I. (2015) Meta-analysis of Twin Studies High- Lights The Importance of Genetic Variation in Primary School Educational Achievement. Trends in Neuroscience and Education, 4 (3), 69–76.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fauziah, G & Lestari, A.W. (2018). Pembudayaan Gerakan Literasi Informasi Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Tanggerang Selatan. Edulib, 8 (2), 167-179.

Gregory, E. & Williams, A. (2000) Work or play? Unofficial Literacies in The Lives of two East London Communities, in: M. Martin-Jones & K. Jones (Eds) Multilingual Literacies: Reading and Writing Different World (Amsterdam, John Benjamins), 37–54.

Hidayat, M.H., Basuki, I.A., & Akbar, S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3 (6), 810—817.

Kemendikbud. (2015). Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lin Ching & Yu-Pin Chen (2013). Development of Information Literacy Assessment and Students Performance: A Case Study on a Second-Grade Information Literacy Curriculum. Journal of Educational Media & Library Sciences, 51 (1), 91-129.

Mitkovska, S. J. & Hristovska, D. (2011). Contemporary Teacher and Core Competences for Lifelong Learning. Procedia Social and Behavioral Sciences, 28, 573-578.

Morilla, C.M., Simon, F.G., & Jimenez, E.G. (2018). Literacy Practices of Primary Education Children in Andalusia (Spain): A Family-Based Perspective. British Educational Research Journal, 1-20.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. 1988. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia: Jakarta.

Nuryanto, Slamet (2013). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Al Irsyad 01 Purwokerto. http://jurnalkependidikan.iainpurwokerto.ac.id

OECD. (2016). Country Note: Indonesia. Program for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2015. Diunduh dari https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf

Onushkin, V.G & Ogaryov, E.I. (2010). Проблема Грамотности В Контексте Социальных Перемен. Человек И Образование, 1 (22), 7-12.

Pinto, M & Pascual, R.F. (2017). How a cycle of information literacy assessment and instruction stimulates attitudes and motivations of LIS students : A competency-based case study. Journal of Librarianship and Information Science, 1-17.

Ratnawati, L.A. (2018). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 36 (7), 3616-3625.

Spiropoulou, D., et al. (2007). Primary Teachers’ Literacy and Attitudes on Education for Sustainable Development. Journal Science Education Technology, 16, 443-450.

Stewart, K.N & Basic, J. (2014). International Journal of Information Management Information Encountering and Management in Information Literacy Instruction of Undergraduate, Students. International Journal of Information Management, 34 (2), 74-49.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Turiman, P., et al. (2012). Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia Social and Behavioral Sciences, 59, 110-116.

Wasik, B. H. & Van Horn, B. (2012) The Role of Family Literacy in Society, in: B. H. Wasik (Ed.) Handbook of family literacy (New York, Routledge), 3–18.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.