Eksplorasi Minat Belajar Matematika Melalui Diary Siswa di Sekolah Dasar

Rhosyida Nelly, Trisniawati Trisniawati, Mahmudah Titi Muanifah

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan minat belajar matematis siswa melalui diary siswa di sekolah dasar dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika siswa di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Ngebelgede 1 Sleman Yogyakarta. Banyaknya siswa kelas IV ada 22 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Instrumen yang digunakan adalah buku diary siswa dan emoticon karakter. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap  yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi serta pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat diketahui dari diary siswa bahwa siswa senang terhadap pembelajaran matematika, bahkan antusias ketika mendapat nilai baik bahkan saat penilaian tengah semester, namun ada juga siswa yang sedih ketika nilai matematika jelek.

Keywords

interest in learning, student’s diary, primary school

Full Text:

PDF

References

Aiken, L. R. 1999. Personality Assessment Methods and Practices (3rd Ed). Kirkland: Hogrefe & Huber Publishers.

Ainley, M., Hidi, S., & B, Dagmar. 2002. Interest, learning, and the psychological processes that mediate their relationship. Journal of Educational Psychology 2002, Vol. 94, No. 3, 545–561. http://www.unco.edu/cebs/psychology/kevinpugh/motivation_project/resources/ainley_etal02.pdf. Diambil pada tanggal 01 Oktober 2019.

Arindiono, R. J., & Ramadhani, N. 2013. perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(1), F28-F32.

Aryati, P. 2017. Pemanfaatan Captain’s Diary untuk Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Menyenangkan. UMS.

Asul, W, dkk. 2005. Mampu Berbahasa Indonesia SMP dan MTs Kelas VIII. Jakarta: Grasindo.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006 tentang standar isi mata pelajaran matematika.

Fricke, J. 2007. Generating Interest in Mathematics through Discussion in the Middle School Classroom. Action Research Poject Report. University of Nebraska-Lincoln. http://scimath.unl.edu/MIM/files/research/FrickeJ.pdf. Diambil pada tanggal 01 Oktober 2019.

Haryati, N. 2015. Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Wonokerto Turi Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Basic Education, 4(13).

Mayer, E. R. 2003). Memory and Information Processes. Handbook of psychology, vol. 7 Educational Psychology 2003. New York: John Wiley & Sons. Inc.

Moleong, L.J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. 2007. Educational assessment of students. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Nitko, A. J. & Brookhart, S. M. 2011. Educational assessment of students,6th edition. USA: Pearson Education, Inc.

Oxford University Press. 2008. Oxford Learners Pocket Dictionary.

Savickas, L. M & Spokane, R. A. (Eds.). 1999. Vocational interest: meaning, measurement, and counseling use. Palo Alto: Davies-Black Publishing

Siagian, R. E. F. 2015. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terrhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Smaldino,S. E., Lowther, L. D., & Russel, J. D. 2008. Instructional technology and media for learning. (9th ed). Upper Saddle River: Pearson Prentice Hall.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trisniawati, T. Muanifah, M.T., Widodo, S.A & Ardiyaningrum, M. 2019. Effect of Edmodo towards interests in mathematics learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1188, p. 012103).

Woolfolk, A. 2007. Educational Psychology. Boston: Pearson Education.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.