Technological Content Knowledge Mahasiswa PGSD Dalam Mengembangkan Multimedia Pembelajaran Matematika
Abstract
Kemampuan menggunakan teknologi dalam pembelajaran atau Technological Content Knowledge (TCK) merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai guru di era society 5.0. Mahasiswa sebagai calon guru juga harus memiliki kemampuan menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui TCK antara mahasiswa yang mengembangkan multimedia pembelajaran matematika berbantuan adobe flash dengan adobe captivate. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Populasi penelitian adalah 300 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Ahmad Dahlan. Sampel penelitian diambil secara random sebanyak 169 mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian TCK yang telah di validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan pada taraf signifikansi 5% TCK mahasiswa yang mengembangkan multimedia pembelajaran berbantuan adobe captivate lebih baik dibandingkan mahasiswa yang mengembangkan multimedia pembelajaran berbantuan adobe flash.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alayyar, G., Fisser, P., & Voogt, J. (2012). Developing Technological Pedagogical Content Knowledge in pre-service science teachers: Support from blended learning. Australasian journal of educational technology, 28(8), 1298- 1316.
Azwar, S. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chai, C.S., Koh, J. H.L., & Tsai, C.C. (2013). A Review of Technological Pedagogical Content Knowledge. Educational Technology & Society, 16 (2), 31–51.
Guerra, C., Moreira, A., & Vieira, R. (2017). Technological pedagogical content knowledge development: integrating technology with a research teaching perspective. Digital Education, 32: 85-96.
Krejcie, Robert V. dan Daryle W. Morgan. 1970. Ditermining Sample Size or
Research Activities. Educational and Psychological Measurment. Vol. 30: 607-610.
Lee, Y., Capraro, R. M., & Capraro, M. M. (2018). Mathematics teachers’ subject matter knowledge and pedagogical content knowledge in problem posing. International electronic journal of mathematics education, 13(2): 75-90.
Loughran, J., Berry, A., & Mulhall, P. (2012). Understanding and developing science teacher’s pedagogical content knowledge. Rotterdam: Sense Publishers.
Maliki. (2015). Perbandingan hasil belajar siswa antara yang melalui pembelajaran macromedia flash dan macromedia captivate pada konsep system pencernaan di
kela VIII smp negeri 3 losari kabupaten Cirebon. Skripsi. Iain Syek Nurjati Cirebon.
Malubay, J. & Daguplo, M. S. (2018). Charactererizing mathematics teachers’ technological pedagogical content knowledge. European Journal of Education Studies, 4(1): 199-219.
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge.Teachers College Record, 108(6): 1017-1054.
Oyanagi, W. and Satake, Y. (2016). Capacity Building in Technological Pedagogical Content Knowledge for Preservice Teacher. International Journal for Educational Media and Technology, 10 (1): 33 – 44.
Shing, C. L., Saat, R. M, & Loke, S. H. (2015). The knowledge of teaching-pedagogical content knowledge. The malaysianonline journal of education science, 3(3): 40-55.
Shulman, L. (1987). Knowledge and teaching: foundations of the new reform. Harvard Educational Review, 57(1): 1-22.
Srisaswadi. N. (2012). The Role of TPACK in Physics Classroom: Case Study of Preservice Physics Teachers. Procedia Social and Behavioral Sciences, 46: 3235 – 3234.
Sulianta, Feri. (2013). Aplikasi Interaktif Dengan Adobe Captivate. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Yon, Z. M., Chai, C. S., & So, H., (2018). Creating tools for inquiry-based mathematics learning from technological pedagogical content knowledge perspectives: collaborative design approach. Australian journal of educational technology, 34 (4): 57-71.
Wulandari, E. (2019). Teacher’s technological pedagogical content knowledge in developing learning materials. Lingua Pedagogia, 1 (1): 29-45
Refbacks
- There are currently no refbacks.