Pengembangan Lembar Kerja Siswa Terintegrasi Dengan Nilai Agama Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin

Irfan Supriatna, Salati Asmahasanah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan pengembangan lembar kerja siswa terintegrasi nilai agama pada mata pelajaran IPA dalam meningkatkan karakter disiplin. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode research and development yang terdiri dari tiga tahap yaitu pendahuluan, pengembangan, dan pengujian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi LKS, lembar observasi karakter disiplin, dan angket respon siswa. Analisis data angket validasi LKS dan angket respon siswa menggunakan perhitungan rata-rata; dan analisis data lembar observasi karakter disiplin menggunakan aplikasi SPSS 20. Hasil analisis angket validasi ahli materi mendapat 87,28%, hasil analisis angket validasi ahli bahasa mendapat 68,57%, hasil analisis angket respon siswa mendapatkan 86,11%, hasil analisis test-t independent samples test karakter disiplin memperoleh sig 2-tailed 0,0000 dan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunan LKS. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan nilai positif pada peningkatan karakter disiplin siswa. Kesimpulannya bahwa pengembangan LKS dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan karakter disiplin.

Keywords

lembar kegiatan siswa, integrasi agama, karakter disiplin

Full Text:

PDF

References

Ayva, Ozge. (2012). Developing Students Ability to Read, Understand and Analyze Scientific Data Through the Use of Worksheets that Focus on Studying Historical Documents. Procedia-Social and Behavioral Sciences 46 (5128-5132).

Chaeruddin.B. (2016). Ilmu-Ilmu Umum dan Ilmu-Ilmu Keislaman (Suatu Upaya Integrasi). Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(1), 209–222.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Pelajaran.

Djudin, T. (2012). Mempelajari Sains, Mengimani Sang Pencipta : Menyisipkan Nilai-Nilai Religius dalam Pembelajaran Sains. Mempelajari Sains, Mengimani Sang Pencipta : Menyisipkan Nilai-Nilai Religius Dalam Pembelajaran Sains, 3(1), 8–14.

Ernawati, A., Ibrahim, M. M., & Afiif, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas Xii Ipa Sma Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek, 5(2), 1–18.

Fitri, R. A., Noviana, E., & Fendrik, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 Sekolah Dasar (Penelitian Pengembangan Dengan Materi Volume Kubus Dan Balok Di SD IT Al-Fityah). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 1–12.

Frisca, C., Rosidin, U., & Ertikanto, C. (2014). Pengembangan LKS Dalam Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan Dan Kecintaan Terhadap Lingkungan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(2), 77–88.

Hasanah, N., & Zuhaida, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Desain Madrasah Sains Integratif: Intergrasi Sains-Agama Dalam Pelaksanaan dan Perangkat Pembelajaran. Edukasia: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 155–179.

Ismail, Masthurhah. et al. (2013). Educational Strategies to Develop Discipline Among Students from the Islamic Perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences 107 (80-87).

Jabar Ekspress. (2018). Razia Pelajar Bolos Sekolah. JabarEkspress.

Kumalasari, I., Luciana, N., & Wijaya, C. (2019). Integrasi Pendidikan Nilai Dalam Membangun Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Jampalan Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara. Ristekdik (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 4(1), 1–11.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Margariena, I. N., Imron, A., & Burhanuddin. (2016). Mengintergrasikan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pengembangan Profesionalisme Pendidik Untuk Membangun Karakter Anak.

Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati,28(3), 484–498.

Nata, A. (2018). Islam dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Nurhayati, P. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Pembelajaran IPA Berbasis Al Quran Untuk Siswa MI. AL IBTIDA : Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 61–74.

Putri, B. K., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan LKS IPA terpadu berbasis inkuiri tema darah di smp n 2 tengaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 102–106. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2709

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Rusdiana, A. (2014). Integrasi Pendidikan Agama Islam Dengan Sains Dan Tekonologi. Jurnal Istek, 8(2), 123–143.

Sasmito, L. F., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik-Integratif Berbasis pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 70–81.

Shobirin, M., Subyanto, & Rusilowati, A. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Bahasa Inggris Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Semarang. Journal of Primary Education : JPE, 2(2), 63–70.

Suhenriyadi, A., Suyanto, E., & Wahyudi, I. (2015). Pengembangan lks model pembelajaran kooperatif tipe stad dengan pendekatan saintifik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(4), 63–71.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suradi, S. (2017). Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(4), 522–533. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.104

Susilowati, A, M. H. A., & Hasri. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIIA SMPN 1 Kalaena Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur. 11(1), 55–72.

Wulandari, Triwoelandari, R., & Asmahasanah, S. (2017). Pengembangan Model Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Untuk Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas 5 Di SDIT Kota Bogor. Proceeding 2nd Internasional Multiliteracy Conference And Workshop For Students And Teachers, 421–429.

Yasir, M., Susantini, E., & Isnawati. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Strategi Belajar Metakognitif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pewarisan Sifat Manusia. BioEdu, 2(1), 77–83.

Yatini, & Triwoelandari, R. (2018). Pengaruh Metode Insersi Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas 5 SD Al-Azhar Syifa Cibinong. Jurnal Akrab Pekanbaru, 3(3), 75–84.

Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Sd. Metode Didaktik Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 13(2), 87–98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.