Pengembangan Topik Modul Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PGSD Universitas Terbuka di Kota Palembang
Abstract
Berdasarkan hasil Ujian Kompetensi Guru (UKG) kepada 6224 guru SD di Kota Palembang, pada aspek pedagogik menunjukkan skor 50,70 di bawah rata-rata nasional yaitu 53,02 atau di bawah standar kompetensi minimal yang ditetapkan yakni 55,0. Tujuan penilitian ini adalah menghasilkan topik kompetensi pedagogik yang dapat dikembangkan menjadi program di Universitas Terbuka. Peneliti mengembangkan berdasarkan standar kompetensi Permendikbud No. 16 Tahun 2017. Hasilnya ada 10 topik yaitu, (1) Karakteristik danĀ Pengembangan Potensi Peserta Didik, (2) Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran yang Mendidik (3) Pengembangan Kurikulum(4) Metodologi Pembelajaran (5) Penilaian Proses dan Hasil Belajar(6) Komunikasi Efektif (7) Perancangan Pembelajaran yang Mendidik (8) Pemanfaatan Hasil Penilaian Pembelajaran (9) Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran (10) Refleksi Pembelajaran dan Tindak lanjutnya melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gravetter, F.J., & Wallnau, L.B. (2012) Essentials of Statistics for the Behavioral Sciences, 9e. Canada: Thomson Wadsworth.
Irwantoro, N., & Suryana, Y. (2016). Kompetensi Pedagogik untuk Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional. Jakarta: Magenta Media
Kemendikbud. (2019). Hasil Ujian Kompetensi Guru Kota Palembang Tahun 2018. https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=ukg
Langeveld, M.J. (1970). Pedagogik Teoritis Sistematis, Penerjemah Simanjuntak, Bandung: CV. Jemmars.
Marsh, Colin. (2010). Becoming A Teacher: Knowledge, skills and Issues 5th Edition. Australia: Pearson Education Australia.
McMillan, J, H, & Schumacer, S. (2014) Research in Education: Pearson New International Edition: Evidence-Based Inquiry 7th Edition. New York: Pearson.
Othman. P. (2011). Pembelajaran Yang Mendidik dan Menyenangkan. Pedagogik Praktis yang Berkualitas. 1(1) hl. 10-17.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Permendikbud No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Permendikbud.
Purwanto, H. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Bertanya melalui Suka Tanya bagi Guru yang Mengajar Peserta Didik Baru di SMA Negeri 1 Dusun Selatan. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 65-76. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.833
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian Edisi Revisi. Bandung: CV. Alfabeta.
Tilaar, H.A.R., (2015). Pendagogik Teoritis untuk Indonesia. Jakarta: Kompas Media Nusantara.
Tyagita, B.P.A. (2018) . Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan. 5(2). Hlm. 165-176.
Undang-undang Republik Indonesia. (2005) UU No. 5 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: UU RI.
Universitas Terbuka. (2019). Rekap Data Mahasiswa Baru & Ulang Per Masa 2019.1. http://sipelapor.ut.ac.id/pendas/cari_rkp_mhs_baru_ulang_pds?masa=20191 HYPERLINK "http://sipelapor.ut.ac.id/pendas/cari_rkp_mhs_baru_ulang_pds?masa=20191&cari"& HYPERLINK "http://sipelapor.ut.ac.id/pendas/cari_rkp_mhs_baru_ulang_pds?masa=20191&cari"cari