Kelayakan Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra

Rifky Yulistiawan, Nas Haryati Setyaningsih

Abstract

Kurangnya penggunaan novel baru sebagai bahan ajar sastra di SMA menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi sebagai bahan ajar apresiasi sastra untuk SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan, jika ditinjau dari aspek kebahasaan, psikologi pembaca, latar belakang budaya, dan kesesuaiannya dengan tuntutan kurikulum 2013 Bahasa Indonesia (KD dan pendidikan karakter), novel Anak Rantau layak dijadikan bahan ajar apresiasi sastra untuk SMA. Berdasarkan hasil penelitian yang demikian, dapat disimpulkan novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi layak dijadikan sebagai bahan ajar apresiasi sastra untuk SMA.

Keywords

novel, bahan ajar, apresiasi sastra.

Full Text:

PDF

References

Aminuddin. (2015). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Fuadi, A. (2018). Anak Rantau. Jakarta: PT Falcon.

Haryadi. (2014). Dasar-Dasar Membaca: Bermuatan Kreativitas Berpikir dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK /MAK). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Praptiwi, F.N. (2017). Pendidikan Karakter Tokoh Utama dalam Novel Cahaya Cinta Pesantren Karangan Ira Madan dan Semester Pertama di Malory Towers Karangan Enid Blyton. 1(2): 234-252. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. http://journal.unj.ac.id/ unj/index.php/aksis/article/download/5304/3946

Rahmanto, B. (1988). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherli, Suryaman, M., Septiaji, A., & Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia: SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI: Edisi Revisi 2017. Diakses tanggal 26 April 2019 dari https://drive.google.com/file /d/13AIpIOUMI62K4GC7wf8MUq6xuvwQFtq6/view

Suherli, Suryaman, S., Septiaji A., & Istiqomah. (2016). Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X: Edisi Revisi 2016. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suryaman, M., Suherli, & Istiqomah. (2018). Bahasa Indonesia: SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII: Edisi Revisi 2018. Diakses tanggal 1 Januari 2019 dari https://drive.google.com/file/d/1hrZC1r0FEvbBDrTzkkomMu7kDgCy10Uh/view

Wicaksono, A., Setyaningsih, N.H., & Sumartini. (2014). Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi sebagai Pilihan Bahan Ajar Sastra Indonesia di SMA. 3 (1): 1-9. Jurnal Sastra Indonesia. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/3990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.