IMPLEMENTASI METODE ONE DAY ONE AYAT (ODOA) DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAT PENDEK DALAM ALQUR’AN PADA SISWA TUNANETRA DI SDLB PUTRA MANUNGGAL GOMBONG

Budiono Budiono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode ODOA dalam meningkatkan hafalan surat pendek dalam Alquran pada siswa Tunanetra di SDLB Putra Manunggal Gombong, Kebumen.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas 1 SDLB Putra Manunggal Gombong yang berjumlah 3 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes, lembar interview, dan lebar observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat peningkatan hafalan Alqur’an siswa SDLB dengan nilai rata-rata pada siklus I adalah 57,78 dengan ketuntasan belajar sebesar 66,67%,  dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 80,33 dengan ketuntasan belajar sebesar 100%; 2) peningkatan hafalan Alquran menunjukkan kategori sedang dengan rerata nilai N-Gain 0,54.

 

Keywords

efektivitas, metode ODOA, hafalan Alquran

Full Text:

PDF

References

Anwar, KH. & Hafiyana, M. 2018. Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran. JPII Vol 2 (2): 181-198.

Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hermawan, S. & Luthfianty, E. 2011. Panduan Tahfidz Quran Jilid 5 One Day One Ayat. Tanggerang: PPPA Daarul Quran.

Ismawati, C. 2016. Upaya Peningkatan Daya Ingat Anak Melalui Metode One Day One Ayat Pada Anak Kelomok B1 di TK Masyithoh Al-Iman Bandung Jetis Pendowoharjo Sewon Bantul. Jurnal Pendidikan Guru PAUD Edisi 3 Tahun ke 5. Hlm: 337-348.

Machmud, A. 2015. Kisah Penghafal Al-Quran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Gramedia.

Richard R. Hake. 2007. Design-Based Research in Physics Education Research.: NSF Grant DUE.

Wahid, W.A. 2014. Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Quran. Jogjakarta: Diva Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.