PENINGKATAN KETERAMPILAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN MELALUI WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kegiatan workshop dan pendampingan, (2) meningkatkan keterampilan melaksanakan PTK, (3) menemukan kendala dan solusi pelaksanaan workshop dan pendampingan pada peningkatan keterampilan PTK bagi guru SD.Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis Action Research dengan metode :workshop dan pendampingan. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah UPT Disdikpora Kecamatan Kebumen – Kabupaten Kebumen, melibatkan 40 guru SD. Teknik pengumpulan data menggunakan metode workshop dan pendampingan, observasi, wawancara, dan unjuk kerja. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian adalah: (1) Kegiatan workshop dilaksanakan sebelum pendampingan dengan materi: teknik perumusan pemasalahan PTK, teknik penyusunan proposal PTK, teknik pelaksanaan PTK, teknik pelaporan PTK, teknik penulisan publikasi ilmiah, dan teknik penilaian angka kredit.; (2) Metode workshop dan pendampingan dapat meningkatkan pemahaman dan Keterampilan PTK dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru SD; (3) Kendala kegiatan Workshop dan Pendampingan adalah: beberapa guru kurang fokus, kurang menguasai TIK, kurang aktif, beberapa guru masih memerlukan pendampingan yang lebih intensif. Solusinya: kegiatan Workshop dan Pendampingan dilaksanakan pada awal semester, guru perlu pendampingan orang yang menguasai TIK, waktu pelaksanaan tugas diperpanjang, perlu pengelompokan guru berdasarkan kecapatan berfikir/usia. Kesimpulan penelitian ini adalah Metode workshop dan pendampingan dapat meningkatkan pemahaman dan Keterampilan PTK bagi Guru SD.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.