PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY PADA BANGUN RUANG SISI DATAR DI SEKOLAH DASAR

Trisniawati Trisniawati

Abstract

Di dunia yang terus berubah, mereka yang memahami dan dapat mengerjakan matematika akan memiliki kesempatan dan pilihan yang banyak dalam menentukan masa depannya. Oleh karena itu, untuk menguasai dan menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi serta mampu bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah dan kompetitif di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Melihat begitu pentingnya matematika, maka pembelajaran matematika diberikan di semua jenjang pendidikan di Indonesia mulai dari sekolah dasar. Pembelajaran matematika hendaknya berpusat pada siswa dengan menggunakan berbagai macam pendekatan dan metode. Siswa dituntut mampu menemukan konsep dalam pembelajaran matematika. Siswa dituntut untuk dapat menemukan konsep sendiri melalui pembelajaran yang bermakna salah satunya pembelajaran dengan pendekatan discovery. Pendekatan discovery merupakan suatu pendekatan belajar dimana siswa dituntut mampu menemukan suatu konsep dalam belajar. Selain itu pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari dimana siswa mengamati, menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan, menganalisis, memverifikasi, membuat kesimpulan suatu konsep dalam belajar termasuk pada bangun ruang sisi datar di sekolah dasar.

Keywords

pembelajaran matematika, pendekatan discovery, bangun ruang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.