KELAYAKAN ISI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X EDISI REVISI 2016 DITINJAU DARI IMPLIKASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 REVISI

Indah Sari, Fatehatun Nikmah, Titi Indah Rahayu, Santi Pratiwi Tri Utami

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya permasalahan dalam buku teks bahasa Indonesia kelas X SMA edisi revisi 2016. Permasalahan tersebut terdapat pada bagian kelengkapan materi, kedalaman materi, dan kesesuaian materi dengan kurikulum. Kualitas buku teks pelajaran yang dijadikan sumber pembelajaran turut menentukan hasil pencapaian tujuan pembelajaran. Pengabaian buku teks berarti mengabaikan mutu pembelajaran juga. Oleh karena itu diperlukan analisis untuk mengetahui kelayakan buku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan isi buku teks bahasa Indonesia kelas X edisi revisi 2016 ditinjau dari implikasi pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 revisi sehingga dapat menjelaskan mengenai kelayakan isi buku tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui angket (rubrik kelayakan isi), observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah buku teksĀ  bahasa Indonesia kelas X SMA edisi revisi 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks bahasa Indonesia kelas X SMA edisi revisi 2016 ini layak dari aspek kelayakan isinya. Hal ini didukung dari nilai rata-rata per bab yakni 8,4 dari nilai sempurna 10. Meski demikian buku teks ini masih memiliki kekurangan terutama dibagian kelengkapan materi, dan kedalaman materinya.

Keywords

kurikulum, buku teks, kelayakan isi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.