PENGUASAAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Ronald Fransyaigu, Bunga Mulyahati

Abstract

Pendekatan saintifik/ilmiah merupakan proses pembelajaran yang menggunakan proses berpikir ilmiah. Pendekatan ilmiah dapat dijadikan sebagai jembatan untuk perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan peserta didik. Para ahli yang meyakini bahwa melalui pendekatan saintifik/ilmiah, selain dapat menjadikan peserta didik lebih aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya, juga dapat mendorong peserta didik untuk melakukan penyelidikan guna menemukan fakta-fakta dari suatu fenomena atau kejadian. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebutuhan secara lebih jelas  dan mengetahui secara lebih mendalam mengenai  profil kemampuan guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik, sehingga dapat dijadikan acuan untuk melakukan pembinaan guru sekolah dasar dalam meningkatkan mutu pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode survey untuk mendapatkan data dari Sekolah Dasar se-Kota Langsa yang alamiah (bukan buatan) tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan pengumpulan data dengan cara mengedarkan kuesioner dan wawancara terstruktur. Penerapan metode statistik untuk mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data serta tenik menganalisis data kuantitatif dilakukan secara deskriptif dengan tidak bermaksud membuat generalisasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru-guru di dua SD ini sudah menunjukkan pemahaman yang baik tentang pendekatan saintifik. Pada proses pembelajaran langkah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, sampai mengkomunikasikan sudah muncul dalam proses pembelajaran meskipun tidak secara berurutan.

Keywords

profil guru, sekolah dasar, pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.