PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ICT PERTEMPURAN SURABAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Evi Rizqi Salamah, Zuni Eka Tiyas Rifayanti

Abstract

Abstrak

Pembelajaran sejarah di Sekolah Dasar seringkali disampaikan dengan ceramah dan cerita, hal ini membuat siswa bosan dan kurang berminat dalam mempelajarainya. Agar materi mudah difahami dan menarik perhatian siswa maka harus divisualisasikan. Kenyataanya dalam menyampaikan materi tidak ada media yang digunakan, sehingga siswa hanya mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru, siswa terlihat pasif dan tidak bersemangat. Maka dari itu peneliti mengajukan solusi perbaikan untuk pembelajaran sejarah pertempuran Surabaya dengan mengembangkan media pembelajaran ICT, media ini merupakan salah satu bagian dari media pembelajaran dengan teknik pemodelan yang dapat menarik perhatian siswa, meningkatkan motivasi siswa serta mengandung pesan-pesan moral. Sehingga siswa dapat melihat, merasakan, dan memperagakan secara nyata, bukan dalam imajinasi atau angan-angan belaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ICT pada materi pertempuran Surabaya dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Model Penelitian dan pengembangan media pembelajaran ICT ini menggunakan model Brog and Gall.

Kata-kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran ICT, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.