PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DI LINGKUNGAN KABUPATEN/KOTA

Euis Dartini

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Nagarasari pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial masih rendah. Terlihat dari hasil evaluasi yang telah dilaksanakan, hanya 21% siswa yang mencapai batas minimal kecapaian kompetensi. Tingkat kejenuhan siswa terhadap pelajaran IPS sangatlah tinggi. Hal tersebut terjadi karena proses pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah. Penggunaan metode karyawisata ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan metode pembelajaran karyawisata. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN 1 Nagarasari Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 28 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan non test. Dimana dilakukan observasi dan dokumentasi.hasil penelitian menunjukan perubahan hasil belajar yang significant sebelum dan setelah pembelajaran. Dimana pada siklus pertama menunjukan 57% siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Dan pada siklus kedua menunjukan 82% siswa telah menyelesaikan batas KKM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.