Gaya kepemimpinan kepala sekolah yang berdampak pada pendidikan karakter siswa

Ardi Ariyanto, Mada Sutapa, Yuni Astuti, Aleeyah Masae

Abstract

Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk mengetahui, menganalisis, dan menjelaskan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang berdampak pada pendidikan karakter siswa. Metode penelitian menggunakan Systematic Literature Review (SLR), sedangkan data dikumpulkan melalui kajian teks hasil penelitian berupa artikel yang dipublikasikan di jurnal terindeks sinta. Tahapan penelitian dimulai dengan menemukan artikel yang berkaitan dengan topik penelitian yang diteliti. Artikel yang ditemukan selanjutnya ditinjau secara sistematis, yakni dengan meninjau masalahnya, mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengajukan analisis kritis berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Pencarian atau penemuan artikel dilakukan dengan menggunakan Google Scholar terhadap artikel yang sesuai dengan topik penelitian. Tahapan kedua yakni dengan menseleksi artikel, adapun indikatornya berkualitas baik dan relevan dengan pertanyaan penelitian, serta sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. artikel yang ditelusur merupakan artikel yang dipublikasikan pada jurnal nasional tahun 2022-2025. Hasil penelusuran dan penyaringan dengan google scholar diperoleh 997 artikel artikel yang relevan dengan indikator gaya kepemimpinan kepala sekolah. Artikel tersebut selanjutnya diberi kode urutan dari 1 hingga 997. Hasil kajian pada artikel ilmiah menunjukan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah yang berdampak pada pendidikan karakter siswa adalah demokratis paternalistik, transformasional, dan kepemimpinan efektif.

 

The leadership style of school principals that impacts students' character education

 

Abstract: The purpose of this scientific article is to identify, analyse, and explain the leadership styles of school principals that have an impact on students' character education. The research method used is Systematic Literature Review (SLR), while data is collected through a review of research texts in the form of articles published in Sinta-indexed journals. The research process begins with identifying articles related to the research topic. The articles found were then reviewed systematically, namely by reviewing the issues, identifying, evaluating, and proposing critical analyses based on predetermined criteria. The search for articles was conducted using Google Scholar to find articles relevant to the research topic. The second stage involved selecting articles based on indicators of good quality and relevance to the research question, as well as compliance with inclusion and exclusion criteria. The articles searched for were those published in national journals between 2022 and 2025. The search and screening results using Google Scholar yielded 997 articles relevant to the indicators of school principal leadership style. These articles were then coded sequentially from 1 to 997. The results of the review of scientific articles showed that the leadership styles of school principals that have an impact on students' character education are democratic paternalistic, transformational, and effective leadership.

Keywords

Gaya Kepemimpinan; Kepala Sekolah; Berdampak; Pendidikan Karakter; Siswa

Refbacks

  • There are currently no refbacks.