PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING DAN KOMIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK DAN KREATIVITAS SISWA

Tri Tri Murtiningrum, Ashadi Tri Ashadi, Sri Mulyani

Abstract

Inovasi pembelajaran dapat memanfaatkan kemajuan teknologi. e-learning dan komik dapat dijadikan
sebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar. Pembelajaran problem solving
dengan e-learning dan komik, dapat melatih siswa untuk memecahkan masalah untuk membentuk konsep.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh pembelajaran kimia dengan problem solving
menggunakan media e-learning dan komik, kemampuan berpikir abstrak, kreativitas siswa dan interaksinya
terhadap prestasi belajar ikatan kimia. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 2
Purwodadi Grobogan tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dipilih secara acak (cluster random sampling),
sejumlah 2 kelas, yaitu kelas XI TOKR 3 sebagai kelas e-learning dan XI TOKR 2 sebagai kelas komik.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk prestasi belajar kognitif, kemampuan berpikir
abstrak, dan kreativitas sedangkan prestasi belajar afektif menggunakan angket. Uji hipotesis menggunakan
analisis non parametric Kruskal-Wallis Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1)
ada pengaruh pembelajaran kimia dengan problem solving menggunakan media e-learning dan komik
terhadap prestasi belajar siswa; (2) ada pengaruh kemampuan berpikir abstrak terhadap prestasi belajar
siswa; (3) ada pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar siswa; (4) ada interaksi antara pembelajaran
kimia dengan problem solving menggunakan media e-learning dan komik dengan kemampuan berpikir
abstrak terhadap prestasi belajar siswa; (5) ada interaksi antara pembelajaran kimia dengan problem solving
menggunakan media e-learning dan komik dengan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa; (6) ada
interaksi antara kemampuan berpikir abstrak dengan kreativitas dan terhadap prestasi belajar siswa; (7) ada
interaksi antara pembelajaran kimia dengan problem solving menggunakan media e-learning dan komik,
kemampuan berpikir abstrak dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: problem solving, e- learning, komik, kemampuan berpikir abstrak, kreativitas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.