PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN POE DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR DAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA

Aris Nurkholis, Widha Sunarno, Suparmi Suparmi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan kontekstual dengan
menggunakan metode pembelajaran POE dan eksperimen, kemampuan menggunakan alat ukur, kemampuan
verbal dan interaksinya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimental
(experimental quation) dengan desain faktorial 2x2x2. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster
random sampling sebanyak dua kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mendapatkan
data prestasi belajar kognitif dan kemampuan menggunakan alat ukur, sedangkan metode angket untuk
mendapatkan informasi prestasi belajar afektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat
pengaruh penggunaan metode pembelajaran eksperimen dan POE terhadap prestasi kognitif dan afektif; (2)
tidak ada pengaruh kemampuan menggunakan alat ukur terhadap prestasi kognitif dan afektif; (3) terdapat
pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi kognitif dan afektif; (4) tidak ada interaksi antara metode
pembelajaran dengan kemampuan menggunakan alat ukur terhadap prestasi kognitif dan afektif; (5) tidak ada
interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan verbal terhadap prestasi kognitif dan afektif; (6) tidak
ada interaksi antara kemampuan menggunakan alat ukur dengan kemampuan verbal terhadap prestasi kognitif
dan afektif; (7) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan menggunakan alat ukur dan
kemampuan verbal terhadap prestasi kognitif dan afektif.
Kata kunci: pembelajaran kontekstual, eksperimen, POE, kemampuan menggunakan alat ukur, kemampuan verbal.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.