PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CTL DENGAN TEKNIK NETWORK TREE DAN SPIDER CONCEPT MAP DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN GAYA BERPIKIR PESERTA DIDIK

Mukayatun Mukayatun, Sugiyarto Sugiyarto, Puguh Karyanto

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Biologi dengan pendekatan CTL  dengan teknik  network tree dan spider concept  map ditinjau dari kreativitas dan  gaya berpikir terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Nopember 2012, menggunakan metode eksperimen. Populasi seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukosewu Bojonegoro tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling terdiri dari 4 kelas yaitu VII B, VII D, VII E,  dan VII F. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk hasil belajar kognitif, kreativitas, dan gaya berpikir. Metode angket untuk  hasil belajar afektif. Metode observasi untuk mendapatkan hasil belajar afektif dan psikomotor. Data dianalisis menggunakan anava tiga jalan dengan desain faktorial 2 x 2 x 2. Berdasarkan analisis disimpulkan: 1. ada  pengaruh penggunaan pendekatan CTL dengan teknik network tree dan spider concept map  terhadap hasil belajar afektif dan psikomotor, sedangkan kognitif tidak berpengaruh; 2. ada pengaruh kreativitas tinggi dan rendah terhadap hasil belajar kognitif dan afektif, sedangkan psikomotor tidak berpengaruh; 3. tidak ada pengaruh gaya berpikir sekuensial dan acak terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor; 4. tidak ada interaksi antara pendekatan CTL dengan teknik network tree dan spider concept map  dengan  kreativitas terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor; 5. ada interaksi antara pendekatan CTL dengan teknik  network tree dan spider concept map dengan gaya berpikir terhadap hasil belajar psikomotor sedangkan kognitif dan afektif  tidak ada interaksi;  6. ada interaksi antara kreativitas dan gaya berpikir terhadap hasil belajar kognitif sedangkan afektif dan psikomotor tidak ada interaksi; 7. tidak ada interaksi antara pendekatan CTL dengan teknik network tree dan spider concept map, kreativitas, dan gaya berpikir terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor.

 Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), network tree, spider concept map,   kreativitas, gaya berpikir.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.