INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNINGPADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Fisika
berbasis problem based learning terintegrasi pendidikan karakter untuk siswa SMP kelas VIII
yang berkualitas dan mengetahui pencapaian hasil belajar siswa setelah mengikuti proses
pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan
mengacu pada model Borg & Gall yang dimodifikasi. Sampel pengembangan meliputi sampel
validasi produk sejumlah 9 validator, sampel uji coba terbatas sejumlah 8 siswa, dan sampel uji
coba diperluas sejumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi silabus, RPP,
penilaian kognitif berupa soal tes hasil belajar (pretest-posttest), psikomotorik, afektif, lembar
observasi sekolah, keterlaksanaan pembelajaran, karakteristik siswa, dan angket respon siswa. Uji
coba diperluas dengan one group pretest-posttest design. Data hasil belajar kognitif dianalisis
dengan uji t dua sampel berpasangan dengan menggunakan program SPSS Statistik 18, sedangkan
data hasil belajar psikomotorik dan afektif siswa dianalisis dengan melihat rata-rata pencapaian
setiap aspek penilaian. Penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan memberikan
kesimpulan: (1) pengembangan perangkat pembelajaran IPA Fisika SMP berbasis problem based
learning terintegrasi pendidikan karakter dapat dilakukan menggunakan metode Research and
Development oleh Borg & Gall yang dimodifikasi dengan membatasi langkah penelitian yang
dapat menghasilkan suatu produk yang divalidasi dan diuji coba, (2) kualitas produk perangkat
pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik sehingga layak
digunakan, dan (3) pencapaian hasil belajar kognitif siswa setelah mengikuti proses pembelajaran
mengalami peningkatan, aspek indikator psikomotor yang tinggi adalah mengecek alat bahan di
laboratorium dan membawa perlengkapan belajar, serta aspek karakter yang tinggi adalah jujur,
rasa ingin tahu, disiplin, dan kerja keras.
berbasis problem based learning terintegrasi pendidikan karakter untuk siswa SMP kelas VIII
yang berkualitas dan mengetahui pencapaian hasil belajar siswa setelah mengikuti proses
pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan
mengacu pada model Borg & Gall yang dimodifikasi. Sampel pengembangan meliputi sampel
validasi produk sejumlah 9 validator, sampel uji coba terbatas sejumlah 8 siswa, dan sampel uji
coba diperluas sejumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi silabus, RPP,
penilaian kognitif berupa soal tes hasil belajar (pretest-posttest), psikomotorik, afektif, lembar
observasi sekolah, keterlaksanaan pembelajaran, karakteristik siswa, dan angket respon siswa. Uji
coba diperluas dengan one group pretest-posttest design. Data hasil belajar kognitif dianalisis
dengan uji t dua sampel berpasangan dengan menggunakan program SPSS Statistik 18, sedangkan
data hasil belajar psikomotorik dan afektif siswa dianalisis dengan melihat rata-rata pencapaian
setiap aspek penilaian. Penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan memberikan
kesimpulan: (1) pengembangan perangkat pembelajaran IPA Fisika SMP berbasis problem based
learning terintegrasi pendidikan karakter dapat dilakukan menggunakan metode Research and
Development oleh Borg & Gall yang dimodifikasi dengan membatasi langkah penelitian yang
dapat menghasilkan suatu produk yang divalidasi dan diuji coba, (2) kualitas produk perangkat
pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik sehingga layak
digunakan, dan (3) pencapaian hasil belajar kognitif siswa setelah mengikuti proses pembelajaran
mengalami peningkatan, aspek indikator psikomotor yang tinggi adalah mengecek alat bahan di
laboratorium dan membawa perlengkapan belajar, serta aspek karakter yang tinggi adalah jujur,
rasa ingin tahu, disiplin, dan kerja keras.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.