PENGEMBANGAN MODUL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) YANG DITERAPKAN DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SPERMATOPHYTA

Winarsih -, Sajidan -, Baskoro Adi Prayitno

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) mengembangkan
modul pembelajaran yang layak dalam pembelajaran biologi pada materi Spermatophyta di SMA, (2)
mengetahui efektivitas modul Problem Based Instruction yang diterapkan dalam pembelajaran kooperatif
tipe Think Pair Share pada materi Spermatophyta terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Parang
Magetan, (3) mengetahui efektivitas modul, model, dan media interaktif Problem Based Instruction yang
diterapkan dalam pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi Spermatophyta terhadap hasil
belajar siswa di SMA Negeri 1 Parang Magetan.
Prosedur penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan (research and development)
model konseptual menurut Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi delapan tahap yaitu: (1) potensi dan
masalah, (2) pengumpulan data dan informasi, (3) pengembangan produk, (4) validasi produk, (5) revisi I
produk, (6) uji coba produk pada skala kecil, (7) revisi II produk, (8) uji coba produk pada skala lapangan.
Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli modul, ahli pembelajaran, dan praktisi pembelajaran di
sekolah tempat penelitian. Metode penelitian yang digunakan pada pelaksanaan uji coba produk ialah
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian dan pengembangan ini ialah: (1) dihasilkan produk pengembangan berupa modul
Problem Based Instruction yang diterapkan dalam pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada
materi Spermatophyta yang terbagi dalam dua kali kegiatan pembelajaran. Pada setiap kegiatan pembelajaran
terdapat kegiatan “mari kita pikirkan”, “mari berpasangan”, “mari berbagi”, dan diakhiri dengan uraian
materi, post test, dan tugas terstruktur, (2) modul pembelajaran cukup efektif dalam meningkatkan hasil
belajar siswa sesuai dengan tuntutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (3) model, modul, dan media
interaktif yang diterapkan secara bersama-sama juga cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa
khususnya pada materi Spermatophyta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.