PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA DENGAN MEDIA GEOMETRI SEDERHANA BERORIENTASI PADA PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan bahan ajar fisika media geometri sederhana yang
dikembangkan untuk siswa SMP kelas 8 pada materi pokok cahaya. (2) efektivitas bahan ajar fisika dengan
media geometri sederhana yang dikembangkan untuk siswa SMP kelas 8 pada materi pokok cahaya.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan di SMPN 1 Ngraho. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas 8 pada materi pokok cahaya. Bahan ajar fisika dengan media geometri
sederhana dikembangkan berdasarkan data bahwa banyak siswa mengalami kesulitan aljabar dalam
mempelajari fisika khususnya pada materi pokok cahaya. Uji kelayakan bahan yang dikembangkan dilakukan
dengan: (1) validasi bahan ajar fisika dengan media geometri sederhana oleh ahli, guru dan teman sejawat;
(2) uji terbatas dalam pembelajaran; (3) uji lebih besar terhadap 31 siswa pada 1 kelas; (4) analisis hasil
validasi ahli, guru dan siswa; (5) analisis pelaksanaan pembelajaran. Uji efektivitas bahan ajar dilakukan
dengan membandingkan hasil tes kognitif kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan bahan ajar
fisika dengan media geometri sederhana dan kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan buku
konvensional. Analisis hasil uji kelayakan bahan ajar fisika dengan media geometri sederhana oleh ahli
adalah 4,51, oleh guru 4,51 dan oleh teman sejawat 4,55. Ketiga hasil analisis tersebut masuk dalam kategori
sangat baik. Hasil uji efektivitas menunjukkan p-value > 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan
keefektifan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen adalah
78,77 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 72,53 sehingga bahan ajar fisika dengan media geometri
sederhana efektif digunakan dalam pembelajaran fisika kelas 8 materi pokok cahaya.
dikembangkan untuk siswa SMP kelas 8 pada materi pokok cahaya. (2) efektivitas bahan ajar fisika dengan
media geometri sederhana yang dikembangkan untuk siswa SMP kelas 8 pada materi pokok cahaya.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan di SMPN 1 Ngraho. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas 8 pada materi pokok cahaya. Bahan ajar fisika dengan media geometri
sederhana dikembangkan berdasarkan data bahwa banyak siswa mengalami kesulitan aljabar dalam
mempelajari fisika khususnya pada materi pokok cahaya. Uji kelayakan bahan yang dikembangkan dilakukan
dengan: (1) validasi bahan ajar fisika dengan media geometri sederhana oleh ahli, guru dan teman sejawat;
(2) uji terbatas dalam pembelajaran; (3) uji lebih besar terhadap 31 siswa pada 1 kelas; (4) analisis hasil
validasi ahli, guru dan siswa; (5) analisis pelaksanaan pembelajaran. Uji efektivitas bahan ajar dilakukan
dengan membandingkan hasil tes kognitif kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan bahan ajar
fisika dengan media geometri sederhana dan kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan buku
konvensional. Analisis hasil uji kelayakan bahan ajar fisika dengan media geometri sederhana oleh ahli
adalah 4,51, oleh guru 4,51 dan oleh teman sejawat 4,55. Ketiga hasil analisis tersebut masuk dalam kategori
sangat baik. Hasil uji efektivitas menunjukkan p-value > 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan
keefektifan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen adalah
78,77 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 72,53 sehingga bahan ajar fisika dengan media geometri
sederhana efektif digunakan dalam pembelajaran fisika kelas 8 materi pokok cahaya.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.