PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI MEDIA PETA KONSEP DAN MEDIA LINGKARAN HIDROKARBON DITINJAU DARI KEMAMPUAN KERJASAMA DAN KEMAMPUAN MEMORI

Wahyu Ningtyas, Sulistyo Saputro, Sri Mulyani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model TAI dilengkapi media peta
konsep dan media lingkaran hidrokarbon, kemampuan kerjasama, kemampuan memori, dan interaksi
variabel-variabelnya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dan
dilaksanakan dari bulan Januari 2012 - Oktober 2013. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2
Banguntapan Yogyakarta tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random
sampling yang terdiri dari dua kelas, X-1 dan X-3. Kelas X-1 diberi pembelajaran dengan model TAI
dilengkapi media peta konsep dan kelas X-3 diberi pembelajaran dengan model TAI dilengkapi media
lingkaran hidrokarbon. Data dikumpulkan dengan metode tes untuk prestasi belajar kognitif, dan kemampuan
memori, angket untuk prestasi afektif, dan kemampuan kerjasama. Hipotesis diuji menggunakan statistik
non-parametrik yaitu uji Kruskal Wallis. Dari hasil analisis data disimpulkan: 1) tidak ada pengaruh
penggunaan model TAI dilengkapi media peta konsep dan media lingkaran hidrokarbon terhadap prestasi
belajar kognitif dan afektif siswa; 2) ada pengaruh kemampuan kerjasama terhadap prestasi belajar kognitif
dan afektif siswa; 3) ada pengaruh kemampuan memori terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa; 4) ada
interaksi antara model pembelajaran TAI dilengkapi media peta konsep dan TAI dilengkapi media lingkaran
hidrokarbon dengan kemampuan kerjasama terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa; 5) ada
interaksi antara model pembelajaran TAI dilengkapi media peta konsep dan TAI dilengkapi media lingkaran
hidrokarbon dengan kemampuan memori terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa; 6) ada interaksi antara
kemampuan kerjasama dan kemampuan memori terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa; 7) ada interaksi
antara model pembelajaran TAI dilengkapi media peta konsep dan TAI dilengkapi media lingkaran
hidrokarbon dengan kemampuan kerjasama dan kemampuan memori terhadap prestasi kognitif dan afektif
siswa

Refbacks

  • There are currently no refbacks.