PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS MASALAH DENGAN TEMA OTOT DI SMP NEGERI 2WONOGIRI TAHUNPELAJARAN 2013/2014

Wiyadi -, ashadi -, Baskoro Adi Prayitno

Abstract

Berdasarkan Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi bahwa IPA di SMP diajarkan secara
terpadu, tetapi pada kenyataannya pembelajaran IPA di SMP belum terpadu. Hasil analisis kebutuhan
menunjukkan bahwa guru dan siswa membutuhkan bahan ajar berupa modul IPA Terpadu. Tujuan penelitian
ini adalah mengembangkan modul IPA Terpadu yang layak dan efektif untuk pembelajaran IPA di SMP.
Pembelajaran IPA Terpadu berbasis masalah menggunakan tipe connected. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan dengan model 4-D. Produk Research and Development yang dikembangkan pada
penelitian ini adalah modul IPA terpadu berbasis masalah dengan tema otot. Produk divalidasi oleh dua
dosen ahli. Setelah dilakukan revisi, produk diujicobakan pada kelas kecil sejumlah 10 siswa, setelah
mengalami revisi kemudian produk diujicobakan pada kelas skala besar sejumlah 29 siswa. Untuk
mengetahui kelayakan produk digunakan instrumen penilaian yang dinilai oleh dosen ahli, guru IPA, teman
sejawat dan siswa dengan hasil sangat layak. Uji efektivitas produk dilakukan pretes dan postes untuk
menentukan nilai N-Gain dengan hasil dalam kategori sedang dan dilihat dari hasil prestasi belajar, semua
siswa tuntas di atas KKM. Hasil uji homogenitas dan normalitas data N-gain kelas kontrol dan eksperimen
adalah homogen dan normal. Hasil uji T-test diperoleh terdapat perbedaan signifikan antara N-gain kelas
kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian produk modul IPA terpadu dapat membedakan nilai sebelum
dan sesudah menggunakan modul, dan meningkatkan nilai hasil belajar dilihat dari N-gain, layak dan
efektif digunakan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.