PENDEKATAN LEARNING BY DOINGDALAM PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MEDIA RIIL DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN MOTIVASI BERPRESTASI
Abstract
Tujuanpenelitianini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan Learning by Doingmenggunakan
media riil dan multimedia interaktif, kreativitas, motivasi berprestasi serta interaksinya terhadap prestasi
belajar fisika.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentalyang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Salatiga dengan
populasi yang terdiri dari semua siswa kelas X tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan
dengan cluster random sampling, terdiri dari empat kelas yang dikelompokkan dalam dua kelas eksperimen.
Kelas eksperimen I (X7 dan X8) menggunakan media riil dan kelas eksperimen II (X3 dan X4) menggunakan
multimedia interaktif.Data kognitif dikumpulkan dengan tes, sedangkan data kreativitas dan motivasi
berprestasi dengan angket.Data diuji dengan anava tiga jalan dengan desain faktorial
2x2x2.Kesimpulanpenelitianadalah (1) ada pengaruh penggunaan media riil dan multimedia interaktif
terhadap prestasi belajar fisika.Prestasi belajar kelas multimedia interaktif lebih baik dibanding dengan kelas
media riil; (2) ada pengaruh kreativitas tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar fisika.Prestasi belajar
siswa dengan kreativitas tinggi lebih baik dibanding siswa dengan kreativitas rendah; (3) ada pengaruh
motivasi berprestasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar fisika. Prestasi belajar siswa dengan motivasi
berprestasi tinggi lebih baik dibanding siswa dengan motivasi berprestasi rendah; (4) ada interaksi antara
media pembelajaran dengan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar fisika; (5) tidak ada interaksi antara
media pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar fisika; (6) tidak ada interaksi
antara kreativitas dengan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar fisika; (7) tidak ada interaksi
antara media pembelajaran dengan kreativitas dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar fisika.
media riil dan multimedia interaktif, kreativitas, motivasi berprestasi serta interaksinya terhadap prestasi
belajar fisika.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentalyang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Salatiga dengan
populasi yang terdiri dari semua siswa kelas X tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan
dengan cluster random sampling, terdiri dari empat kelas yang dikelompokkan dalam dua kelas eksperimen.
Kelas eksperimen I (X7 dan X8) menggunakan media riil dan kelas eksperimen II (X3 dan X4) menggunakan
multimedia interaktif.Data kognitif dikumpulkan dengan tes, sedangkan data kreativitas dan motivasi
berprestasi dengan angket.Data diuji dengan anava tiga jalan dengan desain faktorial
2x2x2.Kesimpulanpenelitianadalah (1) ada pengaruh penggunaan media riil dan multimedia interaktif
terhadap prestasi belajar fisika.Prestasi belajar kelas multimedia interaktif lebih baik dibanding dengan kelas
media riil; (2) ada pengaruh kreativitas tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar fisika.Prestasi belajar
siswa dengan kreativitas tinggi lebih baik dibanding siswa dengan kreativitas rendah; (3) ada pengaruh
motivasi berprestasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar fisika. Prestasi belajar siswa dengan motivasi
berprestasi tinggi lebih baik dibanding siswa dengan motivasi berprestasi rendah; (4) ada interaksi antara
media pembelajaran dengan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar fisika; (5) tidak ada interaksi antara
media pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar fisika; (6) tidak ada interaksi
antara kreativitas dengan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar fisika; (7) tidak ada interaksi
antara media pembelajaran dengan kreativitas dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar fisika.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.