PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN INTEGRASI LCM (LEARNING CYCLE MODEL) DENGAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS VERBAL SISWA

Nina Fati’ah Rahmawati, Sarwanto Sarwanto, Suciati Sudarisman

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan model LCM (Learning Cycle Model) dengan Inkuiri Terbimbing (IT) dan Inkuiri Bebas Termodifikasi (IBT), kemampuan berpikir kritis, kreativitas verbal, dan interaksinya terhadap prestasi belajar Biologi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasinya semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mondokan, Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012, terdiri dari 7 kelas. Sampel diambil dengan cluster random sampling, terdiri dari 2 kelas. Kelas pertama untuk model LCM dengan IT. Kelas kedua untuk model LCM dengan IBT. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif, kemampuan berpikir kritis, kreativitas verbal menggunakan metode tes, sedangkan data afektif dan psikomotor menggunakan lembar observasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis variansi tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada pengaruh signifikan antara pembelajaran IT dan IBT terhadap prestasi belajar kognitif dan psikomotor namun tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar afektif, 2) tidak ada pengaruh signifikan antara kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, 3) ada pengaruh signifikan antara kreativitas verbal tinggi dan rendah terhadap prestasi be lajar ranah kognitif dan afektif namun tidak pada ranah psikomotor, 4)  tidak ada interaksi antara penggunaan pembelajaran IT dan IBT dengan kemampuan berpikir kritis tinggi-rendah terhadap prestasi belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor, 5) ada interaksi antara penggunaan pembelajaran IT dan IBT dengan kreativitas verbal tinggi-rendah terhadap prestasi belajar ranah psikomotor namun tidak untuk kognitif dan afektif, 6) tidak ada interaksi antara kemampuan berpikir kritis dengan kreativitas verbal siswa, 7) ada interaksi pembelajaran IT dan IBT, kemampuan berpikir kritis, dan kreativitas verbal terhadap prestasi kognitif, namun tidak pada ranah afektif dan psikomotor.

Kata Kunci: Model LCM (Learning Cycle Model), Inkuiri Terbimbing (IT), Inkuiri Bebas Termodifikasi (IBT), Kemampuan Berpikir Kritis, Kreativitas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.