PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN METODE PROYEK DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Henry Sugiyarti, Widha Sunarno, Nonoh Siti Aminah

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan prestasi belajarpengetahuan, sikap dan ketrampilan pada pendekatan saintifik melalui metode proyek dan eksperimen ditinjau darikreativitas, kemampuan berpikir kritis dan interaksi- interaksinya.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental, dilakukan di SMAN 2Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015.Dalam penelitian ini sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas. Teknik analisis data menggunakan analisis anava 2x2x2.Hasil pada penelitian ini adalah 1) ada perbedaan hasil belajar antara pendekatan saintifik melalui metode proyek dan eksperimen. 2)ada perbedaannilaipengetahuan, sikap,dan keterampilanantara siswa yang memilikikreativitas tinggi dan rendah.3)ada perbedaan nilaipengetahuan, sikap, dan keterampilan antara siswa yang memilikikemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah, 4)tidak ada interaksi antara pendekatan saintifik melalui metode proyek dan eksperimen dengan kreativitas terhadap nilaipengetahuan, sikap, dan keterampilan. 5)interaksi antara pendekatan saintifik melalui metode proyek dan eksperimen dengan kemampuan berpikir kritis memberikan pengaruh yang signifikanterhadap nilai sikap dan keterampilan, tetapi tidak memberikan pengaruh terhadapnilaipengetahuan 6) adainteraksi antara kreativitas dan kemampuan berpikir kritis terhadap nilaipengetahuan, tetapi tidak ada interaksi terhadap nilaisikap dan keterampilan7)interaksi antara pendekatan saintifik melalui metode proyek dan eksperimen dengan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis, tidak ada pengaruh terhadap nilaipengatahuan, sikap, dan ketrampilan.

Keywords

Pendekatan saintifik; proyek; eksperimen; kreativitas; kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.